Banner Sabang Fair - 2PERHELATAN kebudayaan yang bertajuk “Festival Sabang Fair (FSF) 2014″ yang akan segera digelar 18-24 Juni ini di Kota Sabang, sudah rampung dan siap hingga 90% yang nantinya bertempat di arena Taman Sabang Fair.

“Untuk kesiapan panitia bisa saya katakan sudah 90% lancar. Beberapa waktu lalu menjelang hari H, pihak panitia juga sudah melakukan technical meeting dengan peserta yang ikut serta untuk memudahkan koordinasi,” sebut Kepala Bidang Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Ramlan Yahya, S.Ag, Minggu (15/6/2014).

Menurut Ramlan, FSF tahun ini diadakan selain untuk menjaga eksistensi kebudayaan warisan nenek moyang serta dalam rangka menyambut HUT ke-49 tahun Kota Sabang yang dimulai dengan pembukaan pawai budaya pada hari Rabu (18/6/2014).

“Nantinya akan ada pawai budaya yang mengambil start di Pujasera dan berakhir di arena Taman Sabang Fair. Ada 15 kabupaten/kota di Aceh yang akan mengikuti pawai ini yang berlangsung dari pukul 8 pagi serta dilanjutkan dengan pembukaan FSF oleh Gubernur Aceh berserta unsur Muspida Kota Sabang,” ucap Ramlan yang juga Panitia Seksi Acara FSF 2014.

Sementara itu, sebanyak 53 grup seni (21 tari, 9 cagok, 14 musik dan 9 teater) dari 15 kabupaten/kota se-Aceh untuk 4 cabang perlombaan di FSF ini juga sudah siap untuk tampil memukau dewan juri selama mulai dari 18-23 Juni, diantaranya perlombaan tari kreasi baru Aceh, cagok (lawak) Aceh, musik garapan etnik Aceh, dan teater rakyat Aceh.

Selain itu Ramlan juga memaparkan, puncak peringatan FSF akan dihelat pada hari Selasa, (24/6/2014) sekaligus penutupan pentas utama Sabang Fair. Namun, jauh sebelum penutupan FSF juga akan diisi oleh sejumlah talent-talent dan bintang tamu, seperti Seuramoe Reggae, Grup Singa Nagan, Amoba Band, Yafi ‘n Friend, The Prak Band, dan masih banyak lainnya.

“Pada puncak peringatan FSF nanti akan ada pembagian hadiah pemenang lomba seni budaya Aceh serta prosesi seremonial HUT Kota Sabang yang ke-49 tahun. Dan penabuhan genderang rapa’i sebagai penanda berakhirnya Festival Sabang Fair tahun ini,” paparnya. (rel)

KOMENTAR