Manggis ekspor (bisnis-jabar.com)
Manggis ekspor (bisnis-jabar.com)
Buah Manggis (Ist)
Buah Manggis (Ist)

Jakarta — Selandia Baru akan menyusul Australia yang telah membuka keran impor buah manggis dari Indonesia pada akhir tahun lalu. Menurut Komisioner Perdagangan Selandia Baru, Tim Anderson, saat ini pemerintahnya tengah mengkaji protokol untuk memasukkan ratu buah itu ke negerinya.

“Protokolnya sedang disiapkan. Kalau selesai, dalam waktu dekat sudah bisa impor,” ujar Tim, ketika dijumpai di kantornya, Rabu (10/4).

Ia belum bisa memastikan kapan buah manggis mulai bisa dikonsumsi oleh warga Selandia Baru, namun diperkirakan pada tahun ini izin impor tersebut sudah bisa keluar. Selama ini, impor komoditas dari Indonesia ke Selandia Baru didominasi oleh minyak mentah dan produk turunannya dengan porsi 30-40 persen dari total impor. Posisi di bawahnya adalah produk-produk seperti sawit, kayu, furnitur, dan lainnya.

Indonesia merupakan sepuluh besar negara tujuan ekspor bagi Selandia Baru. Produk ekspor terbesarnya adalah produk susu dan turunannya yang mencakup 47,7 persen dari toal ekspor Selandia Baru. (tempo.co)

KOMENTAR