BEBERAPA bulan lalu, raksasa internet Google mengumumkan mereka akan memperkenalkan fitur baru untuk layanan YouTube. Fitur bagi para pencinta video daring ini, memungkinkan para pembuat video untuk meminta sumbangan atas video mereka.

Fitur yang diberi nama Fan Funding (dana dari penggmar) ini memungkinkan sumber pendapatan dari penggemar untuk para pencipta video di Youtube.

Fan Funding adalah cara baru untuk melakukan pembayaran sukarela. Penonton bisa melakukan pembayaran sukarela untuk mendukung pembuat konten You Tube berdasarkan kesukaan mereka.

Pencipta video sebelumnya akan mengaktifkan fitur Dana dari Penggemar itu. Sedang penonton nantinya akan melihat ikon “Fan Funding icon” atau “dukung” di pojok video mereka. Klik ikon itu untuk membuka jendela lain di mana pengguna dapat melanjutkan untuk memutuskan berapa banyak mereka akan menyumbang donasi ke youtuber.

Selain melalui komputer, penonton video You Tube juga bisa menyumbang melalui ponsel mereka. Pasalnya, fitur ini telah meluas hingga aplikasi YouTube Mobile.

“Fans dapat mengkontribusikan uang mereka untuk mendukung channel kapan pun, dengan alasan apa pun,” jelas Direktur Eksekutif Matthew Glotzbach dan Oliver Heckmann, seperti yang dimuat The Guardian.

Fitur ini telah hadir di empat negara. Empat negara itu, Australia, Jepang, Meksiko, dan Amerika Serikat. Meskipun, seperti yang dilansir dari ubergizmo.com, Google sendiri diharapkan dapat melebarkan fitur ini ke negara lain.

Untuk penerimaan donasi, sebagian besar akan diterima oleh si pembuat video. YouTube sendiri hanya akan mengambil lima persen dari pembayaran itu untuk menutupi biasa proses transaksi. Biaya transaksi akan berbeda di masing-masing negara. (rol/afi)

KOMENTAR