Meugang

Meugang

Seputar Aceh – Harga daging sapi di Aceh dilaporkan mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Tingginya harga daging itu sudah mulai terjadi saat Maulid Nabi berlangsung 24 Januari 2013. Sebelumnya kisaran harga daging hanya Rp 90 ribu/kg. Apa kata pemerintah?

“Kalau di Aceh, sapi Aceh memang mahal. Karena masyarakat Aceh fanatik terhadap sapi Aceh,” ujar Menteri Pertanian Suswono di Kantor Menko Perekonomian, seperti yang diberitakan Detik Finance beberapa waktu lalu.

Suswono juga menjelaskan, masalah daging hanya serius ditemukan di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ini karena 25% kebutuhan daging nasional berada di Jawa Barat dan Jakarta.

“Sebetulnya DKI dan Jabar itu masalah yaitu 25%, (daerah) yang lain tidak bergejolaklah,” katanya.

Sementara di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengimbau agar harga daging segera distabilkan. Salah satu cara yang dilakukan adalah mempercepat suplai daging dari feedloter ke pasaran.

“Soal daging kita akan segera stabilkan harga daging. Yaitu suplai dipercepat ke pasar dan feedloter segera potong. Selain itu kita akan monitor 400 RPH (rumah potong hewan) setiap hari dari sapi lokal dan impor. Jadi nanti pengukuran dilakukan secara online,” kata Hatta.(dtc)

KOMENTAR