Biji Kopi arabika Peabery (Foto M Iqbal)
Biji Kopi Arabica Peabery (Foto M Iqbal)
Biji Kopi arabika Peabery (Foto M Iqbal)
Biji Kopi arabika Peabery (Foto M Iqbal)

Jakarta — Harga kopi jenis robusta untuk perdagangan hari Selasa (9/4) kembali mengalami penurunan. Melemahnya kopi jenis tersebut didorong oleh adanya spekulasi bahwa panen kopi yang akan dilaksanakan di beberapa negara produsen seperti Brasil dan Indonesia akan menambah persediaan kopi jenis robusta global. Kedua negara tersebut direncanakan akan melakukan panen kopi pada bulan April ini.

Disaat yang bersamaan, sentimen yang kurang menguntungkan datang dari Vietnam dimana negara produsen kopi tersebut sedang mengalami situasi yang kondusif. Mulai berkurangnya curah hujan yang tinggi membawa dampak yang baik bagi pertumbuhan tanaman kopi dan juga pengolahan kopi di negara tersebut.

Harga kopi jenis robusta saat ini mengalami penurunan sebesar 0,4% menjadi 2047 dollar per metrik ton di NYSE Liffe, London. Sedangkan kopi jenis arabica mengalami flat di level 1,3595 dollar per pon di ICE Futures, AS.

Pergerakan harga kopi jenis robusta dan arabica dalam jangka pendek diprediksi akan masih berpeluang mengalami penurunan. Jelang memasuki musim semi di Eropa memberikan sebuah sinyalemen historis akan penurunan permintaan kopi di kawasan tersebut. (vibiznews.com)

KOMENTAR