Jakarta — Harga emas pada perdagangan hari ini cenderung stagnan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Kemarin harga logam mulia ini sempat mengalami kenaikan hingga mencapai posisi paling tinggi sejak tanggal 24 Januari lalu.

Pada Rabu (6/2) harga melemah dari posisi tertinggi tersebut disebabkan oleh pasar yang masih hati-hati menyikapi beberapa arahan.

Harga emas berpotensi untuk melanjutkan kenaikan yang sempat tertahan. Data menunjukkan bahwa permintaan fisik emas masih tinggi di tengah harapan bahwa ekonomi global akan mengalami pemulihan. Harga platinum mengalami peningkatan hingga mencapai posisi tertinggi dalam 4 bulan belakangan.

Ekspor emas dari Hong Kong ke China mengalami peningkatan tajam sebesar 47% di tahun 2012 mencapai rekor 557478 ton. Hal ini merupakan indikasi bahwa permintaan emas fisik masih berpotensi untuk mengalami peningkatan.

Harga emas spot hari ini tidak terlalu aktif bergerak. Saat ini harga emas spot terpantau berada di posisi 1673.00 dolar, naik tipis 50 sen dari posisi penutupan perdagangan dini hari tadi. Kemarin harga emas sempat mengalami lonjakan hingga mencapai posisi 1685.45 dolar, tertinggi sejak tanggal 24 Januari lalu. (suaramerdeka.com)

KOMENTAR