Banda Aceh – Kasus malaria positif di Provinsi Aceh menurun menjadi 2.489 kasus pada Januari-November 2011. Pada periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 3.766 kasus.

“Meski kasusnya terjadi penurunan dalam beberapa tahun terakhir namun kami terus berupaya melakukan program eliminasi sejak pencanangannya dilakukan pada 2010,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh M Yani di Banda Aceh, Selasa (10/1).

Dari total kasus malaria positif tersebut, tertinggi adalah Kabupaten Aceh Jaya sebesar 10,9 per 1000 penduduk.

“Dengan gencarnya program eliminasi terutama daerah-daerah endemi malaria di Aceh, sehingga target kita bebas kasus malaria pada tahun 2015 bisa tercapai,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Kota Sabang merupakan salah satu daerah endemi malaria di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa tersebut, namun kini daerah kepulauan itu sudah dinyatakan terbebas dari malaria. “Kita berharap ke depan tidak ada lagi kasus malaria di Sabang dikarenakan kontak dari luar,” kata M Yani.

Oleh karena itu, kata dia, upaya pemberantasan penyakit malaria tersebut paling penting adalah partisipasi aktif masyarakat agar tetap membudayakan hidup dalam lingkungan bersih.

“Untuk menekan kasus malaria, upaya yang kami lakukan termasuk mencari bibit penyakit lewat darah,” kata dia menambahkan.

Di pihak lain, M Yani juga menyebutkan Dinas Kesehatan Aceh pada tahun 2012 memfokuskan program kegiatan antara lain promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan penguatan, peningkatan kapasitas petugas kesehatan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kami juga melakukan pendekatan dengan sekolah-sekolah yang melahirkan petugas kesehatan. Artinya, kalau mau pelayanan berkualitas maka kita harus juga meningkatkan mutu pendidikan terhadap sekolah kesehatan,” kata dia.

Untuk menuju kepada perbaikan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik, maka M Yani menyebutkan tiga hal perlu diperhatikan yakni mutu, sumberdaya manusia dan perubahan perilaku lingkungan melalui promosi.(gatra)

KOMENTAR