Apple Store

Apple Store

Dari tahun ke tahun, banyak pengamat dan analis yang selalu membicarakan seputar rumor produk Apple terbaru ketika Consumer Electronics Show (CES) dihelat. Uniknya, Apple tidak pernah sekalipun mengikuti acara tersebut.

CES adalah acara tahunan yang dilangsungkan setiap bulan Januari. Banyak vendor atau perusahaan terkenal dunia yang mengikuti acara ini. Mulai dari LG, Microsoft, Samsung sampai perusahaan nomor dua, memadati stand yang disediakan untuk memamerkan produk baru mereka.

Sejak diciptakannya pada bulan Juni 1967, Apple sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia belum pernah mengikuti acara ini. Bahkan tanpa kehadiran Apple di CES, perusahaan Cupertino ini selalu menjadi salah satu topik hangat yang banyak dibicarakan.

Sempat muncul banyak rumor dan spekulasi tentang kenapa Apple tidak bersedia menghadiri acara elektronik tahunan tersebut. Salah satu di antaranya menyebutkan bahwa Apple sengaja tidak hadir karena acara yang mereka buat (WWDC) lebih meriah dan semarak dibandingkan dengan CES.

Bahkan pihak Consumer Electronic Association (CEA) sudah berulang kali mengundang Apple, namun perusahaan berlogo buah apel ini tetap tidak pernah datang.

Pada tahun 2009 silam, terdapat satu rumor yang mengatakan bahwa tanpa menghadiri CES, Apple masih dapat mendapatkan market share tinggi. Hal tersebut dikarenakan dalam satu minggu saja, Apple Retail Store dan Apple.com selalu dibanjiri pengunjung. Jadi tanpa harus bersusah-susah memamerkan perangkat barunya, para pecinta produk Apple selalu mendatangi toko mereka.

Rumor lain juga pernah berhembus bahwa ternyata Apple sengaja tidak menghadiri CES dan mengirimkan ‘mata-mata’ ke acara tersebut untuk melihat produk baru apa saja yang dipamerkan kompetitornya.

Hal ini bertujuan agar para kompetitor tersebut tidak dapat mengetahui produk baru apa yang akan dirilis Apple. Namun, tetap saja spekulasi dan rumor tetap berlanjut karena Apple juga memilih bungkam untuk tidak menjelaskan alasan kenapa mereka menolak menghadiri CES.

Untuk CES 2013 ini saja, Apple kembali tidak menghadirinya. Banyak orang yang hadir di tempat tersebut juga terkadang membicarakan rumor produk barunya seperti iPhone 5S, iPhone 6, iOS 7, iWatch, Apple TV dan banyak lagi.

Menurut Anda, kenapa Apple tidak ingin menghadiri acara tahunan ini? Apakah hal tersebut adalah termasuk strategi pasar atau karena Apple malu akan produk mereka sendiri? (merdeka.com)

KOMENTAR