google-chrome-os

SAAT banyak orang mulai menerka-nerka bentuk dan kecanggihan smartphone yang akan diluncurkan Google, beredar pula kabar perusahaan search engine terbesar itu akan menghadirkan komputer jinjing (netbook) dengan sistem operasi Chrome pada tahun depan.

Para pakar memprediksikan bahwa Google dan Apple mungkin akan bersaing langsung dalam bisnis perangkat keras dan perangkat lunak.

Mundurnya Eric Schmidt, Chief Executive Officer Google dari jajaran Board of Directors Apple yang sudah dijabatnya sejak tahun 2006, pada Agustus lalu, setidaknya menjadi alasan lain yang mendukung kabar tersebut.

Kedua perusahaan tersebut kini bersaing di berbagai bidang. Mulai browser, telepon selular, dan nantinya mungkin sistem operasi.

Sejumlah sumber mengklaim Google telah mengadakan pembicaraan dengan setidaknya satu produsen PC tentang pembuatan netbook. Pembicaraan sudah sampai ke tahap detail spesifikasi teknis seputar pengembangan netbook dengan harga terjangkau.

“Mereka sedang tidak terburu buru dan tampaknya membidik musim liburan 2010, tepat satu tahun dari saat ini,” kata Michael Arrington, seorang analis, seperti diberitakan di laman AppleInsider.

“Dari pengamatan kami, Google ingin membuat perangkat tersebut, memasang merek mereka dan menjualnya langsung ke konsumen,” ujarnya.

Informasi teknis tentang perangkat netbook tersebut yakni baru seputar perangkat tersebut mendukung jaringan mobile dan kemungkinan akan menggandeng operator selular untuk mendapatkan subsidi.

Pesatnya pertumbuhan pasar netbook di tahun-tahun terakhir memunculkan rumor dan prediksi bahwa suatu saat Apple akan merilis komputer ekonomis mereka. Tapi, sampai saat ini Apple tetap berkutat di pasar produk mahal yang memberikan keuntungan yang sangat tinggi seperti jajaran produk Mac mereka. [sa-vnc]

KOMENTAR