PRODUSEN mobil super Italia, Pagani Automobile, akan memasuki pasar Amerika Serikat dengan model baru, Pagani Huayra. Perusahaan akan mulai menjual mobil super ini melalui jaringan dealer pada awal tahun ini. Huayra diperkirakan akan dipasarkan dengan harga US$1,3 juta atau sekitar Rp11,7 miliar.

Huayra merupakan pengganti Pagani Zonda. Pada masa percobaan, mobil ini dikenal dengan Pagani C-9. Sebelumnya Zonda telah sukses dengan berbagai model, seperti Zonda HH, Zonda Uno, Zonda PS, Zonda Tricolore, Zonda 750, dan Zonda England.

Nama Huayra berasal dari bahasa Amerika Latin kuno yang berarti “Dewa Angin”. Pagani mengklaim nama ini tidak berlebihan. Karena mesin AMG V12 6.0 liter dua turbocharger bikinan Mercedes-Benz terpasang di mobil ini. Huayra sanggup menyemburkan tenaga 700 tenaga kuda (HP) dengan torsi 900 Nm.

Bila masih kurang, Pagani juga menyiapkan Huayra versi sport dengan tenaga sedikit lebih besar, 730 HP dengan torsi 1.100 Nm.

Huayra akan dibalut dengan serat karbon ringan. Pagani mengklaim, tubuh mobil itu  dirancang seperti sayap pesawat yang siap memotong angin dan memanfaatkannya menjadi tenaga dorong.

Karena itu, Huayra mampu melaju hingga 370 kilometer per jam dan berakselerasi dari diam hingga berpacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam 3,3 detik.

Pagani mengatakan telah membangun lima prototipe Huayra dan telah melakukan uji coba selama empat tahun terakhir. Mobil-mobil uji coba ini telah melakukan perjalanan lebih dari 600 ribu kilometer sebelum memasuki pasar AS.

Mobil-mobil itu telah sesuai dengan standar keselamatan Eropa dan Amerika. Demikian juga dengan emisi gas buang. Huayra rencananya akan memulai debut di AS dalam ajang Geneva Motor Show, Maret mendatang. [vnc]

KOMENTAR