Paris, Seputar Aceh, Vivanews – Reporter Irak pelempar sepatu ke mantan presiden AS George W Bush pada Desember 2008, Muntazer al-Zaidi, kena “hukum karma.” Ia malah jadi target lemparan sepatu.

Saat berbicara dalam konferensi pers di Paris, Prancis, Selasa (1/12) lalu, wajah Zaidi hampir kena sepasang sepatu yang dilempar seorang wartawan Irak.

Press TV mengungkapkan bahwa keributan terjadi di ruang konferensi pers. Saudara Al-Zaidi, Maitham, melepas salah satu sepatunya dan mengejar si pelempar di antara para pengunjung. Dia melempar sepatunya ke arah pelembar baru itu saat dia berhasil melarikan diri dari ruangan.

Zaidi, yang terkejut, mengatakan kalau dia melempar sepatu ke Bush untuk memprotes pendudukan Amerika Serikat atas Irak.

“Saya menggunakan cara itu untuk melawan pendudukan AS. Saya tidak menggunakan cara itu terhadap warga sipil dan saya sudah tahu dari awal tidak ada yang akan menghentikan okupasi dan orang-orang di belakangnya untuk membawa saya. Yang kalian lihat sekarang, dia mencuri teknik saya,” kata Muntazer al-Zaidi.

Wartawan Irak pelempar sepatu ke arah Zaidi bernama Seif al-Khayat.

“Saya melempar sepasang sepatu saya kepada Al-Zaidi dalam konferensi pers saat dia berbicara tentang kejadian yang sangat terkenal itu,” katanya, pada kantor berita Aswat al-Iraq.

“Tingkah lakunya terhadap Bush membuat Arab dan jurnalis-jurnalis Irak merasa malu,” kata al-Khayat. Dia menambahkan, tindakan Zaidi tidak berkaitan dengan jurnalisme dan hal itu adalah pesan penting.

Muntazer al-Zaidi, reporter jaringan televisi al-Baghdadia yang berbasis di Kairo, dibebaskan dari tahanan pada September lalu. Dia sebenarnya dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Namun, masa hukuman itu dikurangi karena selama di penjara dia berlaku baik. [sa-vnc]