Stockholm, Seputar Aceh – Perusahaan telekomunikasi Swedia, Ericsson, akan segera memberhentikan 946 pekerja untuk merampingkan staf produksi dan meningkatkan efisiensi pengeluaran menyusul kerugian besar dalam tahun ini.

Pemangkasan besar-besaran ini terjadi setelah Ericcson melaporkan pendapatan mereka di kwartal ketiga 2009 lebih buruk dari perkiraaan, dengan laba bersih hasil penjualan jatuh 74 persen.

“Kami harus mengurangi staf produksi, karena kebutuhan tenaga kerja untuk produk kami berkurang dan kita meningkatkan efisiensi,” ujar CEO Ericsson, Carl-Henric Svanberg, dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan mengatakan akan menyelesaikan pemangkasan pada bagian produksi di Gaevle dengan mengurangi 856 pekerjaan dan memotong 90 dari 1.037 pekerjaan pada pabrik di Boraas.

Ericsson menambahkan pihaknya sedang bersiap-siap untuk memperkenalkan produk generasi baru dengan komponen canggih yang membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja.

Pada Oktober lalu, perusahaan jaringan selular nomor satu dunia itu mengatakan penjualannya turun 6,0 persen dari tahun sebelumnya. [sa-ant]

KOMENTAR