Jakarta- Pertandingan Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 bisa disaksikan dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pertadingan akan ditayangkan secara 3D dan bisa disaksikan lewat ponsel.

FIFA telah mengumumkan bahwa 25 pertandingan akan tayang dalam format 3D, dengan 7 kamera di tiap 5 lapangan yaitu di Johannesburg, Durban, Cape Town dan Port Elizabeth. Sementara tayangan 2D akan menggunakan 32 kamera di setiap stadion.

FIFA memperkirakan total penonton pertandingan akan melampaui 26,29 miliar yang menyaksikan piala dunia Jerman 2006, namun hanya sebagian kecil yang dapat menyaksikan tayangan melalui 3D, ujar direktur salah satu TV, Niclas Ericson.

“Kami berharap setidaknya ada beberapa ratus ribu penonton tiap pertandingan,” ujarnya saat peluncuran 3D FIFA.

ESPN, jaringan siaran di AS merupakan salah satu dari 3 stasiun yang sejauh akan menayangkan pertandingan 3D secara live, disamping Sogecable milik Prisa di Spanyol serta SBS di Korea. Pihak FIFA berharap jumlah ini akan terus bertambah.

Pihak stasiun TV mengatakan pada CNN bahwa mereka akan membuat seluruh pertandingan dapat ditayangkan secara mobile, mulai dari ronde pertama hingga 11 Juli melalui ESPN Mobile TV yang tampil pula di Sprint TV, FLO TV dan MobiTV.

Sedangkan British Broadcasting Corporation (BBC) menyebabkan kegemparan saat mengumumkan akan menayangkan secara langsung pertandingan ini kepada penonton lokal melalui aplikasi iPhone.

Namun sayang banyak negara yang memiliki akses terbatas jaringan mobile, ujar Frank Huisman provider Belanda untuk World Wide Internet TV.

“Ini adalah kesempatan, bagaimanapun FIFA akan menayangkan pagelaran ini di situs resmi mereka seperti apa yang dilakukan UEFA pada Pertandingan Eropa 2 tahun yang lalu,” jelas Husman.

Aplikasi smartphone juga ikut andil di mana banyak pengembang yang mampu menampilkan pertandingan Piala Dunia.(*/inc)

KOMENTAR