Orlando — Aksi berdusta alias berbohong agaknya menjadi tren baru di lingkup elite, terutama jika sudah kena-mengena dengan urusan kriminalitas korupsi. Dan ini sudah menjadi pemandangan keseharian dalam debat yang ditayangkan langsung di berbagai media visual.

Tapi tahukah Anda, menurut sebuah studi, kejujuran dapat meningkatkan kesehatan Anda? Para ahli yang melakukan penelitian itu menemukan, orang sedikit berbohong lebih sehat secara fisik dan mental ketimbang orang yang banyak berbohong.

Dalam penelitian ini, setiap minggu selama 10 minggu, 110 orang berusia 18-71 tahun menjalani tes kebohongan dan menjalani tes kesehatan, kata salah seorang peneliti, Anita Kelly, seorang profesor psikologi di University Notre Dame, di Indiana.

Dia mempresentasikan temuannya pada pertemuan tahunan ‘American Psychological Association’, akhir pekan lalu.

“Ketika grafik kebohongan meninggi, grafik kesehatan mereka menurun. Sebaliknya, ketika kebohongan mereka turun, kesehatan mereka membaik,” ungkapnya.

Para peneliti menginstruksikan setengah peserta untuk “menahan diri berbohong pada orang lain dengan alasan apapun. Anda dapat mengesampingkan kebenaran, menolak untuk menjawab pertanyaan, dan menyimpan rahasia. Tetapi jangan mengatakan apa pun yang Anda tahu itu adalah bohong” dan yang lain tidak menerima instruksi tersebut”.

Pada kelompok yang diinstruksikan untuk menahan diri, mereka hanya menunjukan empat kali lebih rendah problem kesehatan mental dan tiga kali lebih rendah mengalami problem kesehatan fisik.

Sebaliknya, pada kelompok lain mereka menemukan banyak keluhan kesehatan mental termasuk perasaan tegang atau melankolis, keluhan fisik termasuk sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Linda Stroh, seorang profesor perilaku organisasi di Loyola University di Chicago, mengatakan temuan ini konsisten dengan penelitiannya tentang kejujuran.

“Ketika Anda menemukan bahwa Anda tidak berbohong, Anda memiliki lebih sedikit stres,” tuturnya.

Penelitiannya juga menunjukkan, orang Amerika rata-rata berbohong 11 kali seminggu. (iponews.com)

KOMENTAR