Takengon — Kabupaten Aceh Tengah yang beribukota Takengon ditunjuk sebagai tuan rumah Jambore Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Se-Aceh tahun 2012. Kegiatan silaturahmi keluarga besar insan komunikasi ini akan berlangsung pada 7-8 Juli mendatang di Kampung Kelitu, Kecamatan Bintang. Lokasinya persis di pinggir Danau Lut Tawar yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan asri.

Jambore RAPI untuk pertama kalinya ini diisi dengan kegiatan bakti sosial di antaranya menyerahkan bantuan Al Quran, penanaman seribu pohon, sosialisasi hasil munas dan membantu kursi belajar bagi anak-anak TKA/TPA Kampung Kelitu.

Sementara bagi Aceh Tengah sendiri kegiatan itu merupakan salah satu sarana promosi wisata, apalagi daerah dingin itu sedang mempersiapkan Festival Danau Lut Tawar 2013 yang merupakan rangkaian dari Visit Aceh dan Wonderful Indonesia.

Ketua RAPI Aceh Utara, Tedi Safari (JZ01CTD) didampingi Wak Itam (JZ01KWI), Oblong (JZ01KTO) dan Ari (JZ01KEI) bersama pengurus RAPI Aceh Tengah saat mengunjungi lokasi kampung wisata itu menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua RAPI Aceh dan menginformasikan seluruh RAPI wilayah untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Jadi Agenda Tahunan

Dikatakan, pihaknya berkeinginan kegiatan Jambore RAPI se-Aceh bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. “Kita usulkan ke RAPI Aceh, agar Jambore RAPI menjadi agenda tahunan,” ujar Tedi. Pj Bupati Aceh Tengah, Ir Mohd Tanwier MM menyambut baik rencana RAPI menggelar kegiatan jambore di Takengon. Peran RAPI dalam siaga bencana membantu pemerintah dan masyarakat sudah terbukti. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan membantu dengan kemampuan yang ada.

Ketua Panitia Jambore RAPI se-Aceh, Muchlis H A Latif yang dihubungi, Rabu (20/6) menyebutkan, pihaknya sedang berkoordinasi untuk menghadirkan Pj Gubernur Aceh Tarmizi A Karim untuk membuka acara tersebut.

Panitia telah membuka pendaftaran peserta ke alamat via e-mail: jambore2012@yahoo.com setelah direkap pengurus kabupaten masing-masing, ujar Muchlis. (Harian Analisa)

KOMENTAR