Singkil — Bupati Aceh Singkil, Safriadi, SH mengatakan, tahun anggaran 2013 seluruh siswa mulai tingkat SD hingga SMA gratis biaya pendidikan. Selain itu, siswa yang masuk kategori miskin akan dibantu seragam sekolah.
Dikatakan, pihaknya akan konsentrasi melakukan perbaikan fisik sekolah (ruang belajar) yang belum memadai, sehingga program peningkatan pendidikan yang diharapkan dapat diwujudkan.

“Program ini sebagai upaya mewujudkan visi dan misi pasangannya pada kampanye Pemilukada lalu,” kata Safriadi dalam sambutannya pada acara penyambutan Tim Penilai Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) dari Provinsi Aceh, di Kampung Kilangan, Kamis (22/11).

Untuk itu, ujarnya, dia akan membentuk masyarakat madani yang berahklakul karimah melalui berbagai program yang akan diwujudkannya.

Komitmennya memajukan pendidikan tersebut, maka anggaran pemerintah kabupaten pada tahun 2013 telah tercover untuk membiayai tenaga honor, guru mengaji dan imam masjid.

Selanjutnya, seluruh pesantren di kabupaten ini akan mendapat bantuan dalam pembangunan fisik sehingga kapasitas dan kualitas pesantren benar-benar dapat diandalkan.

Dalam bidang kesehatan, bupati mengupayakan pemenuhan kebutuhan obat-obatan bagi masyarakat yang selama ini ketersediaan obat sering dikeluhkan masyarakat baik saat berobat di rumah sakit maupun di Puskesmas.

Akibatnya, ujar Safriadi, masyarakat menjadi terbebani karena pada saat di rawat di rumah sakit harus membeli obat karena ketidak tersediaan obat yang dibutuhkan. Bupati juga akan mengupayakan pemerataan tenaga dokter dan tenaga medis, sehingga pelayanan kesehatan benar-benar dapat dinikati masyarakat. Seluruh program tersebut berpengaruh langsung kepada pembangunan, katanya. (analisadaily.com)

KOMENTAR