Jakarta — Tahun 2012 adalah tahunnya momen-momen besar, mulai dari permainan global hingga pemilihan bersejarah dan segala sesuatu di antara keduanya. Dengan situs ini, kita telah menganalisis lebih dari satu triliun kueri untuk memamerkan apa yang ditelusuri oleh dunia.

Itulah yang dipaparkan oleh Zeitgeist 2012, salah satu situs dari Google yang mencoba merangkum semua kejadian di dunia selama setahun yang lalu.

Dalam situsnya yang beralamat di www.google.com/zeitgeist tersebut memperlihatkan sejumlah kata-kata kunci yang dicari oleh pengguna atau netizen yang lebih dari satu juta triliun penelusuran (atau kueri) yang diketikkan oleh orang-orang ke dalam mesin pencari Google.

“Kami menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk Google Trends dan alat data internal. Kami memfilter spam maupun kueri yang sama agar daftar yang kami buat mencerminkan tahun 2012 seakurat mungkin,” sebut dilamannya tersebut.

Zeitgeist juga membagikan penelusuran dalam dua kelompok, untuk versi ngetren berupa kueri penelusuran dengan jumlah lalu lintas tertinggi selama satu periode terus-menerus pada tahun 2012 dibandingkan tahun 2011. Dan versi paling banyak ditelusuri yakni kueri penelusuran dengan volume terbesar sepanjang tahun.

Di Indonesia sendiri, penelusuran yang paling ngetren kategori orang adalah pada sosok “Jokowi”, sedangkan musisi dan lagu Indonesia yang paling banyak diminati grup band “Noah” dengan lagunya “Separuh Aku”.

Sementara itu untuk tim olahraga yang paling banyak ditelusuri, yakni “Persib Bandung”. Untuk transportasi penerbangan “Lion Air” berada diposisi nomor satu untuk jenis penelurusan, dan “Toyota Agya” juga menjadi penelusuran yang paling ngetren kategori model mobil di Indonesia.[]

KOMENTAR