Blangpidie – Ditargetkan pada pertengahan Juli 2010 segala permasalahan teknis yang dialami mesin pembangkit listrik di PLTD Suak Setia yang  berujung dengan pemadaman bergilir akan selesai.

Hal itu karena adanya suplai arus serta regenerasi mesin pembangkit yang akan memasok daya sebesar 5 Megawatt. Selain itu aktivasi PLTU di Nagan Raya yang akan segera beroperasi secara penuh dalam waktu dekat juga bisa membantu defisit daya listrik yang dialami Abdya sebesar 5 MW per-hari.

Pernyataan tersebut diungkapkan General Manager PLN Aceh Zulkifli kepada wartawan usai pertemuan masyarakat Abdya dengan Ketua Komisi VII DPR RI HT.Rifky Harsya dan Anggota Komisi V DPR RI HM.Ali Yacob yang bertempat di Gedung DPRK Abdya pada Senin (22/3/2010).

Zulkifli juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Abdya karena menjadi pelanggan terbaik dan itu dibuktikan dengan minimnya angka tunggakan rekening listrik untuk seluruh wilayah Aceh. “Kita berharap bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk kedepannya dengan segera meregenerasi mesin listrik sehingga masalah defisit arus daya listrik bisa selesai dalam pertengahan juli mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ikut mendampingi Zulkifli antara lain Kepala divisi distribusi dan pelayanan PLN Indonesia Barat, Karel, Manajer Perencanaan Wilayah Aceh, Sulaiman Daud, Manajer ADM dan SDM Dedi Ruspendi, Ketua Percepatan Energi Listrik PLN Wil.Aceh Husaini Muin, Manajer PLN Cabang Subulussalam, Meulaboh dan Banda Aceh.

Ketua Komisi VII DPR RI H T Rifky Harsya kepada wartawan mengungkapkan dukungannya untuk pengembangan PLTU di Kabupaten Abdya, diniliai memiliki potensi untuk pengembangan PLTU tersebut, sehingga diharapkan bisa menjadi sumber kemandirian listrik di daerah. “Kita memang secara khusus menggandeng PLN untuk turun ke daerah sehingga bisa melihat secara langsung kondisi yang ada, karena permasalahan listrik menjadi prioritas kita saat ini sebab telah menjadi permasalahan publik yang paling dominan, kita juga siap mendukung pemerintah daerah untuk mengembangkan PLTU karena disini (Abdya), Abdya Memiliki Potensi PLTU yang siap untuk dikembangkan,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Setelah pertemuan dengan Muspida yang terdiri dari Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Wakil Bupati Samsurijal, Kapolres AKBP Eddy Djunaidi,S.Ik, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Purnomo, Kajari Blangpidie Risal Nurul Fitri,SH serta para tokoh masyarakat yang berlangsung di Gedung DPRK Abdya, sore itu juga rombongan anggota DPR RI yang turut didamping para pejabat PLN Aceh langsung meluncur ke PLTD Suak Setia untuk melihat secara langsung kondisi mesin pembangkit yang ada disana.(*/ha/fri)

KOMENTAR