Tanggal 28 Juni tahun 323 sebelum Masehi, Raja Alexander III dari Macedonia, meninggal dunia karena sakit.

Raja Alexander III naik tahta menggantikan ayahnya pada tahun 336 sebelum Masehi, pada usia 20 tahun. Tak lama setelah naik tahta, ia melancarkan perang untuk menguasai Persia atau Iran, Turki, dan Mesir.

Alexander III bahkan berhasil memperluas kekuasaannya hingga ke Punjab, India. Oleh orang-orang Asia, Alexander III dipanggil dengan nama Iskandar. Dia dikenal sebagai raja yang tampan, namun kejam dan dengan mudah mengambil keputusan untuk membunuh orang-orang yang tidak disukainya.

Wilayah yang paling disukai oleh Alexander III adalah Persia dan ia berusaha untuk mengambil hati rakyat negara itu agar mau menerimanya sebagai kaisar. Dalam rangka itu pula, Alexander III bahkan menikahi putri Raja Darius, Raja Persia saat itu. Namun, ia tetap mendapatkan perlawanan dari rakyat Iran. Karena luasnya kekuasaan yang berhasil ditaklukkan Alexander III, ia dijuluki Alexander The Great. Ia meninggal dunia pada usia 32 tahun.

Jean-Jacques Rousseau Lahir

Tanggal 28 Juni tahun 1712, Jean-Jacques Rousseau, seorang filsuf terkemuka dunia, terlahir ke dunia Geneva, Swiss. Ia melalui masa mudanya dengan kesulitan. Ibunya meninggal dunia sesaat setelah melahirkan dan pada usia 10 tahun ia ditinggal pergi oleh ayahnya.

Pada usia 16 tahun, Rousseau meninggalkan kota kelahirannya dan mengembara ke berbagai tempat, sampai akhirnya tiba di Paris tahun 1742. Di kota itulah Rousseau mulai terjun dalam pembahasan berbagai masalah filsafat dan menuliskan hasil pemikirannya.

Karya Rousseau yang dianggap terpenting adalah buku berjudul The Sosial Contract. Dalam buku ini, Rousseau mendeskripsikan hubungan antara manusia dan masyarakat. Menurut Rousseau, manusia bisa menjawab berbagai kesulitan yang dihadapinya bila ia bergabung bersama manusia lainnya dalam sebuah masyarakat. Untuk mengatur hubungan antara annggota masyarakat itu, Rousseau menawarkan sebuah konsep yang disebutnya “kontrak sosial”, yaitu aturan-aturan yang disetujui oleh semua anggota masyarakat yang harus dipatuhi oleh masyarakat itu sendiri. Rousseau meninggal dunia tahun 1778.

Pemahkotaan Victoria

Ratu Alexandrina Victoria memerintah Inggris dan Irlandia. Ia mulai memerintah pada 20 Juni 1837, tetapi baru dinobatkan pada 28 Juni 1838. Selain di Eropa, Victoria menjadi Ratu India sejak 1 Januari 1877 hingga wafat pada 1901. Pemerintahannya berlangsung lebih dari 63 tahun, lebih lama daripada raja atau ratu Inggris mana pun.

Pemerintahan Victoria ditandai dengan ekspansi besar-besaran Imperium Inggris. Zaman Victoria merupakan puncak Revolusi Industri, suatu masa perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang penting di Britania Raya.

Victoria, yang hampir sepenuhnya berdarah Jerman, ialah ratu terakhir dari Dinasti Hanover. Penggantinya, Raja Edward VII, berasal dari Dinasti Saxe-Coburg dan Gotha.

Serangan Rezim Zionis

Tanggal 28 Juni 2006, serangan brutal Rezim Zionis Israel menggempur kawasan Jalur Gaza, wilayah otorita Palestina dari darat dan udara. Serangan ganas itu dilancarkan sebagai aksi balas terhadap operasi yang digelar oleh para pejuang Palestina pada tiga hari sebelumnya. Saat itu para pejuang Palestina berhasil membunuh 2 serdadu Israel yang tengah berada di pos penjagaan dan menawan seorang lainnya.

Pada hari pertama serangan besar-besaran itu yang dikenal juga sebagai serangan ‘Hujan Musim Panas’, sejumlah menteri, beberapa anggota parlemen Palestina, dan anggota Dewan kota pimpinan Hamas, diculik oleh pasukan militer Rezim Zionis. Selain itu, akibat serangan tersebut, ratusan rakyat Palestina gugur syahid dan selebihnya mengalami luka-luka.

Hanya karena beralasanan untuk membebaskan seorang tawanan, Rezim Zionis Israel melancarkan serangan brutal ke Jalur Gaza, padahal sekarang ini sekitar sepuluh ribu orang Palestina menjadi tawanan Israel dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. (IRIB Indonesia)

KOMENTAR