Banda Aceh — Kegiatan Aceh Investment Summit 2012 akan membahas berbagai isu strategis sebagai upaya pemerintah menarik investor nasional dan internasional menanamkan usahanya di di Provinsi Aceh.

“Melalui pertemuan menjelang akhir tahun 2012 itu akan membahas berbagai isu strategis, khususnya investasi di daerah kita,” kata Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar di Banda Aceh, Jum’at (7/12).

Isu strategis dibahas pada Aceh Investment Summit yang akan digelar di Banda Aceh 12 Desember 2012 itu antara lain terkait dengan pemberian informasi tentang peta panduan pengembangan investasi Aceh 2012-2017.

Dalam kegiatan itu juga akan dibicarakan hal terkait dengan memperbaiki citra Aceh sebagai tempat investasi yang aman dan nyaman sesuai visi dan misi menjadikan provinsi tersebut sebagai daerah investasi utama 2017.

“Namun juga tidak kalah pentingnya masukan yang diharapkan dari pertemuan tersebut yakni upaya meningkatkan minat para investor segera berinvestasi di Aceh dengan mengekploitasi semua potensi ekonomi,” kata Iskandar.

Isu-isu stretegis itu dinilai prioritas karena hingga 2012, disebutkan realisasi investasi di Aceh belum memuaskan meski potensi di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut cukup besar.

“Karenanya, guna membenahi berbagai persoalan yang dihadapi bidang penanaman modal, baik birokrat, teknokrat maupun dunia usaha perlu menyepakati suatu roadmap pengembangan investasi di Aceh,” katanya menambahkan.

Iskandar menjelaskan, dimasa mendatang berbagai kerjasama ekonomi baik lingkup nasional maupun internasional sangat penting dilakukan guna membuka peluang promosi, investasi, peningkatan nilai tambah potensi unggulan dan pemasaran.

“Disitulah peran Pemerintah Aceh bersama berbagai pihak memastikan bahwa iklim investasi semakin membaik dan ramah terhadap dunia usaha,” kata mantan Ketua Bappeda Aceh itu. (ant)

KOMENTAR