Blangpidie, Seputar Aceh – Komunitas menulis ABABIL Blangpidie, bekerjasama dengan Aceh Blogger Community dan Aceh Pedia melaksanakan pelatihan menulis bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai sekolah di Blangpidie, untuk mendukung penulisan di website Acehpedia.

Pelatihan yang menitikberatkan pada penulisan dan pembuatan blog itu dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, 7-8 November 2009.

Pada hari pertama, pelatihan yang diadakan di Aula SMK 1 Blangpidie, para peserta dilatih bagaimana cara menulis di blog, menulis berita serta diakhiri dengan praktek langsung ke lapangan untuk meliput berita.

Pelatihan dilaksanakan di dua tempat terpisah. Hal itu dikareanakan keterbatasan fasilitas yang memadai di daerah Blangpidie. Pelatihan internet dan pembuatan blog terpaksa dilakukan di dua warnet di Blangpidie.

Ikhwanul Muslim, panitia acara, mengatakan pelatihan itu sebenarnya sudah lama dirancang, namun baru kali ini terlaksana berkat bantuan komunitas Aceh Blogger dan Acehpedia.org.

“Melihat antusiasme para peserta, bahkan saya meminta kepada salah seorang pemateri menulis, agar peserta dapat melakukan praktek langsung bagaimana meliput berita di lapangan,” kata Ikhwan dalam siaran pers yang diterima Seputar Aceh, Minggu (8/110.

Perwakilan Acehpedia, Fadli Idris, mengungkapkan melalui pelatihan itu diharapkan para peserta bukan hanya belajar bagaimana menulis dan membuat blog, tapi juga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap bahasa sendiri yaitu bahasa Aceh.

“Para peserta diharapkan dapat membuat tulisan-tulisan tentang sejarah Aceh yang ada di Blangpidie. Karena, hingga saat ini banyak sejarah Aceh yang belum diketahui oleh banyak orang, bahkan tidak sedikit sejarah itu hilang karena ketidakpedulian kita,” ungkap Fadli Idris.

Pelatihan itu, merupakan program utama Acehbloger dan Acehpedia dalam mengenalkan kepada para pelajar di Aceh tentang pentingnya internet, menulis serta mempertahankan bahasa dan sejarah Aceh yang mulai dilupakan. [sa-qm]