Banda Aceh — Even pameran Banda Aceh Expo 2012 akan kembali digelar di Kota Banda Aceh mulai tanggal 4 hingga 8 Juli di Taman Sari, Banda Aceh. Pameran lima hari ini direncanakan dibuka walikota terpilih, Ir Mawardy Nurdin MEng Sc, Rabu (4/7) pukul 20.00 WIB.

“Sampai saat ini sudah ada 44 peserta yang memastikan keikutsertaannya, dan kesiapan panitia sudah mencapai 90% ” kata Ketua Pelaksana Banda Aceh Expo 1012, Drs Reza Fahlevi MSi yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/7).

Dijelaskannya, Banda Aceh Expo merupakan pameran terpadu yang meliputi pameran layanan publik, investasi dan potensi daerah, industri kreatif, produk unggulan UKM, wisata dan budaya, agro dan food, kerajinan nasional serta pameran produk/jasa unggulan.

Peserta yang akan ambil bagian pada pameran tersebut yakni dari pihak dinas dan badan sektor publik Pemko Banda Aceh, pemerintah kabupaten/kota se Propinsi Aceh, instansi pemerintah pusat, beberapa daerah di luar Aceh, BUMN atau BUMD serta mitra binaan, pelaku usaha perdagangan, industri dan pariwisata, peserta luar negeri serta organisasi dan lembaga terkait.

Dipaparkannya, tujuan Banda Aceh Expo untuk menjadikan ajang ini sebagai core event pameran nasional, mempromosikan Kota Banda Aceh sebagai bandar kota Islami, juga meningkatkan dan memberdayakan produksi kerajinan Indonesia.

“Selain itu, menyosialisasikan pembangunan dan potensi daerah kepada masyarakat, mempromosikan kebutuhan produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi, UKM serta mitra binaan BUMN,” jelasnya.

Namun, sambungnya, tujuan lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana mampu meningkatkan kecintaan masyarakat pada produksi dalam negeri yang memiliki daya saing di pasar globlal.
Selain menghadirkan berbagai konsep pameran, pada ajang Banda Aceh Expo 2012 ini nantinya juga akan ada sembako murah dari Kementrian Koperasi dan UKM.

“Kepada masyarakat yang berminat, silakan datang. Jadwal penjualan sembako murah adalah pada tanggal 5 dan 6 Juli,” imbaunya.

Pihaknya berharap even Banda Aceh Expo menjadi even rutin di Kota Banda Aceh. “Dan melalui even ini menjadi ajang promosi wisata Aceh sekaligus memperkenalkan Banda Aceh sebagai salah satu kota destinasi wisata unggulan di nusantara ini, dan Banda Aceh sebagai kota pusaka yang kaya heritage,” demikian kata Reza. (Dedi Irawan/Medan Bisnis)

KOMENTAR