Banda Aceh — Kunjungan turis atau wisatawan mancanegara (wisman) asal negeri jiran Malaysia ke Provinsi Aceh masih mendominasi jumlah kunjungan tamu asing ke provinsi itu.

Plh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Abdul Hakim di Banda Aceh, Selasa mengatakan, jumlah tamu asal negeri jiran yang melancong ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu pada Mei 2012 sebanyak 730 orang atau meningkat sebesar 9,7 persen dibanding April tahun itu.

“Jumlah kedatangan tamu asal Malaysia masih mendominasi jumlah kunjungan turis asal negeri jiran itu ke Provinsi Aceh,” katanya.

Dia menyebutkan, secara keseluruhan jumlah kedatangan tamu asing yang datang ke Aceh selama Mei 2012 mengalami penurunan sebesar 11,9 persen yakni dari 1.142 orang pada April menjadi 1.006 pada bulan itu.

Ia mengatakan, secara kumulatif (Januari-Mei 2012) jumlah wisman yang berkunjung ke provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu sebanyak 6.166 orang.

“Turunnya jumlah kunjungan wisman ke Aceh dipengaruhi belum tibanya masa liburan di sejumlah negara,” katanya.

Ia menambahkan, jika dikalkulasikan berdasarkan wilayah, jumlah wisman yang datang ke Aceh periode Januari-Mei 2012 dari negara ASEAN menempati urutan pertama terbanyak yakni mencapai 3.696 orang.

Posisi kedua ditempati Eropa sebanyak 1.479 orang disusul Asia 537 orang, Amerika 251 orang, Oseania 184 orang, Afrika 11 orang dan Timur Tengah delapan orang. (ant)

KOMENTAR