cang-pilem-meusyenMENGAWALI bulan Februari 2014 ini, Komunitas Tikar Pandan kembali gelar seri Cang-pilem!–pemutaran dan diskusi film–bertema “Meusyen” akan memutar film Love in the Time of Cholera di di Episentrum Ulee Kareng, Jl. Tgk. Menara VIII, No. 8, Garot, Aceh Besar (depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh), Minggu (2/2/2014).

Film yang disutradarai oleh Mike Newell dan berlatar di Kolombia menjelang akhir abad 19. Cerita bermula ketika Florentino Ariza jatuh cinta pada Fermina Daza. Kisah berlanjut sampai mereka memutuskan untuk menikah. Tapi di luar harapan, orang tua Fermina Daza tidak menghendaki pernikahan tersebut. Fermina Daza disuruh ayahnya tinggal jauh di tempat saudaranya. Kemudian sang ayah memutuskan menjodohkan Fermina Daza dengan seorang dokter, Dr Juvenal Urbino. Berita ini membuat hati Florentino Ariza hancur. Selama lima puluh tahun usia perkawinan Fermina, Florentino menjalin hubungan dengan wanita-wanita lain. Apakah Florentino Ariza akhirnya dapat bertemu dan bersatu dengan Fermina Daza?

Kisah dari film ini berangkat dari novel yang berjudul sama karya Gabriel Garcia Marquez. Marquez adalah seorang novelis, jurnalis, dan aktivis politik Kolombia. Dia dianggap sebagai pelopor genre sastra beraliran realisme magis. Marquez meraih Nobel Sastra di tahun 1982. Di antara karyanya yang terkenal adalah novel bertajuk Seratus Tahun Kesunyian (One Hundred Years of Solitude).

Pemutaran film berdurasi 139 menit ini akan dimulai pada pukul 13.45 WIB. Acara ini juga disertai dengan Kuliah Umum Imran T. Abdullah Memorial Lecture Series bersama Azhari Aiyub (sastrawan Aceh) yang akan membicarakan tentang “Marquez dan Karyanya”.

Acara ini dilaksanakan bersama oleh Komunitas Tikar Pandan, Aneuk Mulieng Publishing, Episentrum Ulee Kareng, Sekolah Menulis Dokarim, Kedai Buku Dokarim, Epicentrum Entertainment, Banda Aceh Membaca, LPM Perspektif Unsyiah, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Unsyiah, ruangrupa, dan IloveAceh.

Acara ini tanpa karcis. Untuk registrasi dan informasi dapat menghubungi Kiki (08983895543).[]

KOMENTAR