Banda Aceh — Kemeriahan Piasan Seni tidak saja di terlihat di Taman Sari, Jum’at (30/11) malam bertempat di Gampong Gla Meunasah Baro, Ulee Kareng juga berlangsung lomba rapa’i tunang.

Selain menghadirkan sejumlah grup rapa’i, warga juga disambut dengan penampilan dari anak-anak Sanggar Rapa’i Awak Awai yang membawakan tarian Ranub Lampuan.

Dalam acara tersebut tampak hadir Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah beserta jajaran dan perangkat gampong setempat.

Perhelatan rapa’i tuang yang berlangsung hingga 1 Desember ini merupakan bagian dari kegiatan Piasan Seni yang bekerja sama dengan Sanggar Rapa’i Awak Awai dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1433 Hijriyah.

“Acara rapa’i tunang ini kami selenggarakan dalam menyemarakkan tahun baru Islam dan juga bertujuan untuk melestarikan kembali budaya Aceh bagi generasi muda saat ini,” jelas panitia rapa’i M. Amin Lapang.

Sejumlah warga juga dihibur dengan kedatangan bintang tamu artis komedi dari film Eumpang Breueh, seperti Bang Joni, Mando, dan Haji Uma yang membuat gelak tawa penonton.

Masyarakat pun terlihat sangat sangat antusias atas terlaksananya acara rapa’i tunang dalam rangkaian kegiatan Piasan Seni Banda Aceh 2012.

“Selain bisa lihat rapa’i, bisa juga lihat Bang Joni sudah menghibur kami disini,” jelas Risal dari salah satu penonton yang hadir.

Nantinya pemenang dari lomba rapa’i tunang juga akan tampil di Panggung Hiburan tanggal 2 Desember di Taman Sari sebagai puncak dari penutupan Piasan Seni Banda Aceh 2012.[]

KOMENTAR