Jakarta — Keberadaan media online makin dilirik dan menjadi sumber berita yang yang penting bagi pembaca. Untuk itu beberapa pemilik media online bersama wartawan online mendirikan Ikatan Wartawan Online (IWO).

“Sekarang ini media online sudah banyak dilirik,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat IWO, Kresna Budhi Chandra, yang juga pemilik jurnalfoto.com dalam acara deklarasi di Jakarta, Rabu (08/08) malam.

Menurut Kresna, media online oleh sebagian masyarakat masih dianggap sebagai media kecil, namun, katanya, kalau bersatu dapat maju di tengah eksistensi media besar.

Dia mengatakan selama ini ada wartawan online yang tidak diberi izin masuk sebuah perkumpulan wartawan besar.

Untuk itu, IWO akan diharapkan menjadi wadah bagi wartawan online. “Kami akan membuat kode etik dan mendorong kesejahteraan kontributor,” katanya.

Dia menjelaskan, IWO akan berusaha agar hak-hak kontributor khususnya dapat diperhatikan dengan baik.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendiri Iskandar Sitorus yang juga pemilik situs kawanbisnis.com, mengatakan saat ini ada sekitar 1,2 juta media online di Indonesia. “Ini sangat seksi dari konteks bisnis,” katanya.

Dia berharap IWO akan menjadi sarana alternatif bagi wartawan.

Ketua Dewan Penasehat, Krista Riyanto, pemilik yustisi.com, berharap lembaga yang baru dibentuk ini menjadi induk organisasi wartawan online di Indonesia.

“Kami berharap media online dapat menjadi industri yang bisa mensejahterakan pekerja,” katanya. (ant)

KOMENTAR