Jakarta — Komunitas Indonesia Berkebun yang dikenal lewat jejaring sosial akun Twitter @IDberkebun kembali akan menggelar tanam serentak September mendatang.

Komunitas yang memiliki seabrek kegiatan sosial ini banyak memanfaatkan lahan non-produktif di perkotaan dengan cara menanaminya dengan tanaman yang bermanfaat dan menjadikannya sebagai kebun yang produktif untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Indonesia secara umum dan berkelanjutan.

Dengan gerakan yang masif dari seluruh kota di jejaringnya dan Aceh salah satunya, @IDberkebun hingga saat ini banyak mendapatkan respon dan bantuan yang positif dari beberapa pihak maupun institusi, salah satunya adalah donasi benih dari PT. East West Indonesia (Cap Panah Merah) untuk mensupport kegiatan-kegiatan berkebun.

“Kami memulai gerakan berkebun ini melalui dunia maya. Awalnya hanya karena saya tergerak untuk menciptakan lahan hijau yang lebih banyak lagi di perkotaan. Ternyata hal ini mendapat sambutan positif dari orang-orang sekitar,” jelas Pemrakarsa Indonesia Berkebun, Ridwan Kamil dalam rilisnya, Kamis (30/08).

Tujuan lahirnya @IDberkebun pun saat ini untuk mengkampanyekan kegiatan berkebun bersama kota-kota jejaringnya di seluruh Indonesia, tepatnya September ini @IDberkebun juga berencana untuk mengadakan acara #TanamSerentak di seluruh kota jejaringnya yang aktif tergabung di dalam keluarga @IDberkebun dalam skala nasional.

Dengan membuat gebrakan berkebun secara bersamaan di berbagai kota di Indonesia, @IDberkebun ingin menunjukkan bahwa @IDberkebun adalah sebuah komunitas aktif yang mempunyai visi untuk menyebarkan semangat positif secara berkelanjutan dan menjadi contoh untuk komunitas atau gerakan peduli lingkugan lainnya.

Hari Minggu, tanggal 2 September 2012, sepanjang hari dari pagi hingga sore, seluruh kota jejaring @IDberkebun yang berjumlah 23 kota, yaitu di: Aceh, Medan, Padang, Batam, Banten, (3 lokasi: Serang, Bintaro Callista & BSD), Jakarta (3 lokasi: Holycow Senopati, Holycow Kelapa Gading & Rumah Sushi Kelapa Gading), Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Batang, Semarang, Jogja, Solo, Madiun, Malang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, dan Makassar akan mengadakan acara #TanamSerentak yang akan diisi dengan acara edukasi @AkademiBerkebun, penanaman benih sayuran kangkung, bayam dan kacang panjang donasi dari PT. East West Indonesia dan acara-acara lain yang sifatnya fun dan atraktif.

Diharapkan acara ini diramaikan oleh sekitar 30-50 orang baik itu dari penggiat @IDberkebun, penikmat dan media-media di masing-masing kota. Komunitas Indonesia Berkebun juga yakin bahwa acara ini adalah yang pertama kali di dunia dengan menanam di banyak kota dalam satu negara secara bersamaan. (*/rilis)

KOMENTAR