Kalimantan — Gajah Sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu dari tiga subspesies gajah yang ada di Asia.

Hampir semua taman nasional di Pulau Sumatera merupakan habitat asli Gajah Sumatera. beratnya mencapai 6 ton dan tumbuh setinggi 3,5 m pada bahu. Periode kehamilan untuk bayi gajah adalah 22 bulan dengan umur rata-rata sampai 70 tahun. Herbivora raksasa ini sangat cerdas dan memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan mamalia darat lain.

Telinga yang cukup besar membantu gajah mendengar dengan baik dan membantu mengurangi panas tubuh seperti darah panas dingin ketika mengalir di bawah permukaan telinga. Belalainya digunakan untuk mendapatkan makanan dan air, dan memiliki tambahan dapat memegang (menggenggam) di ujungnya yang digunakan seperti jari untuk meraup.

Gajah hidup berkelompok, dalam satu kelompok biasanya berkisar 20 – 35 ekor atau 3 – 23 ekor. Jumlah individu tergantung pada musim dan kondisi sumber daya habitat seperti makanan dan luas wilayah jelajah yang tersedia.

Gajah termasuk satwa yang sangat bergantung pada air, sehingga pada sore hari biasanya mencari sumber air untuk minum, mandi dan berkubang. Seekor gajah Sumatera membutuhkan air minum sebanyak 20-50 liter/hari.

Gajah Sumatera termasuk binatang berdarah panas sehingga jika kondisi cuaca panas mereka akan bergerak mencari naungan (thermal cover) untuk menstabilkan suhu tubuhnya agar sesuai dengan lingkungannya.

Mamalia yang dapat hidup di hutan primer dan hutan sekunder ini merupakan binatang berdarah panas sehingga membutuhkan naungan untuk menstabilkan suhu tubuhnya. Tempat yang sering dipakai sebagai naungan dan istirahat pada siang hari adalah vegetasi hutan yang lebat .

Gajah sumatera dikategorikan sebagai terancam punah oleh badan konservasi dunia IUCN. Berdasarkan hasil survey tahun 2007, populasi mamalia ini hanya 2400 – 2800 ekor. Karena semakin sedikit Populasinya Mari kita melindunginya agar jangan punah. (ant)

KOMENTAR