Jakarta — Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan remaja tingkat internasional “Global Youth Forum” untuk membahas berbagai isu terkini terkait generasi muda penerus bangsa.

“Acaranya akan berlangsung di Nusa Dua Bali pada 4 hingga 6 Desember 2012,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief di Jakarta, Senin 13 Augustus 2012.

Sugiri menjelaskan, forum tersebut diselenggarakan oleh United Nations Populations Fund (UNFPA) dan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh BKKBN.

Sugiri menjelaskan, forum tersebut akan menjadi landasan untuk melakukan perbincangan tentang kawula muda.

“Forum tersebut merupakan satu dari tiga tema kegiatan yang merupakan bagian dari peninjauan ulang setelah 20 tahun penyelengaraan International Conference on Population and Development,” katanya.

Dia menambahkan, kongres kedua tentang hak asasi manusia akan diselenggarakan di Belanda sementara kongres ketiga akan membahas soal perempuan.

Deputi Kesejahteraan Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso mengatakan acara tersebut akan dihadiri sekitar 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Ada sekitar 1.000 peserta dari 193 negara anggota PBB yang mewakili pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, masyarakat sipil, mitra pembangunan internasional dan yang terpenting kawula muda,” katanya.

Dia menambahkan, pertemuan tersebut akan membahas masalah kesehatan, pendidikan, pekerjaan, keluarga dan kesejahteraan serta partisipasi penuh dalam masyarakat. (ant)

KOMENTAR