Seputaraceh

Jutaan warga Amerika Serikat Terpaksa Diungsikan

Jutaan warga Amerika Serikat Terpaksa Diungsikan
Jutaan warga Amerika Serikat Terpaksa Diungsikan

Washington — Badai Sandy melanda pesisir pantai timur Amerika yang padat penduduk Senin waktu setempat dan menutup seluruh jalur transportasi, memaksa jutaan warga dievakuasi dari wilayah yang rawan banjir dan mengganggu kampanye presiden. Sementara itu ribuan penerbangan dibatalkan. Badai ini merupakan peristiwa susulan setelahakhir pekan lalu ada gempa besar di Kanda dan memicu tsunami.

Tiupan angin kencang dan banjir terlihat hingga ratusan mil pesisir pantai Atlantik dan hujan salju lebat melanda hingga ke berbagai wilayah di saat badai Sandi menyerang pesisir pantai selatan New Jersey atau Delaware pada Senin malam.

Kegiatan di kota-kota besar di Amerika mulai dari Washington hingga New York terhenti hari Senin. Sistem transportasi umum dihentikan, bandara-bandara ditutup dan jutaan orang tidak bekerja dan tinggal di rumah saja. Angin yang menyertai Sandy meningkat menjadi 150 kilometer per jam sewaktu mulai mengarah ke barat, menuju kawasan pesisir mid-Atlantik Amerika.

Bursa saham AS ditutup untuk pertama kalinya sejak serangan 11 September 2001 dan akan tetap ditutup hingga Selasa waktu setempat. Bahkan pemerintah federal di Washington juga ikut ditutup dan seluruh sekolah ditutup di sepanjang pesisir Pantai Timur Amerika.

Serangan badai Sandy melanda berbagai tempat termasuk sejumlah pusat yang padat penduduk seperti New York City, Washington, Baltimore dan Philadelphia.

Lebih dari satu juta penduduk mengalami mati listrik sejak malam hari dan jutaan lainnya kemungkinan bakal mengalami mati listrik. Sebuah badan ramalan bencana memprediksi kerugian ekonomi diperkirakan mencapai 20 miliar dolar AS, hanya separuhnya yang diasuransikan.

Di Washington, Presiden Barack Obama meminta puluhan juta orang di daerah yang terkena badai untuk segera mengikuti arahan dan instruksi dari pihak berwenang.

Kota New York telah mengevakuasi sebuah apartemen super mewah 90 lantai yang sedang dibangun setelah mesin crane sebagian ambruk akibat tiupan angin kencang.

Badai juga mengganggu pelaksanaan kampanye presiden AS selama delapan hari sebelum pemilu. Obama dan penantangnya dari Republik, Mitt Romney juga membatalkan berbagai event.

New York dan kota-kota lain menutup sistem transit dan sekolah, memerintahkan evakuasi massal dari penduduk yang tinggal di dataran rendah.

Sandy bergerak cepat menuju New Jersey dan Delaware. Pukul 5 sore waktu setempat, badai berada 30 mil timur-tenggara Cape May, New Jersey dan sekitar 40 mil selatan Atlantic City, New Jersey.

Sandy bergerak dengan cepat menuju barat utara di pesisir pantai AS dengan kecepatan 28 mil per jam (45 kilometer per jam) dan kecepatan angin paling kuat mencapai 90 mil per jam. Badan Ramalan Cuaca, National Hurricane Center menyebutkan Sandy adalah badai super yang sangat jarang yang dibentuk oleh aliran Arctic yang terjebak di sekitar sebuah badai tropis.

Sejauh ini belum diketahui adanya korban jiwa. Badai Sandy tidaklah seburuk Badai Katrina yang melanda New Orleans pada 2005, meski pekan lalu Sandy menewaskan 66 orang di Karibia sebelum bergerak ke pesisir pantai AS.

Para pejabat mengatakan mereka yang menolak dievakuasi dan nantinya perlu diselamatkan akan membuat para petugas pertolongan darurat terancam jiwanya.

Sandy menewaskan paling sedikit 65 orang di Karibia pekan lalu sebelum bergerak menuju Amerika Serikat. (harianterbit.com)

Belum ada komentar