Lhokseumawe, Seputar Aceh – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara berencana menggelar pameran Expo 2009 berstandart Internasional di atas kapal laut di perairan Selat Malaka. Rencannya, ajang promosi sejumlah negera Asean akan ikut ambil bagian.

Pendaftaran pameran Expo III tersebut akan  mulai dibuka pada 10 Desember mendatang. Expo I dan II dilaksanakan pada 2007 dan 2008 lalu.

Pantauan Seputar Aceh, Rabu (11/11) Jelang penggelaran pameran yang dilaksanakan lima mil dari pantai itu, salah satu pengusaha dari Jakarta mulai melakukan peninjauan ke lokasi dan penjajakan di sepanjang pantai Selat Malaka. Rombongan yang diangkut dua unit speed boat milik SAR Aceh Utara itu melakukan pengitaran pantai dari  Kuala Pusong Lhokseumawe ke arah barat menuju Bireuen.

Sedikitnya 20 orang pantia Expo ikut serta bersama mendampingi  Tim PT Infra Groups  dipimpin Sabban Malawi, Presiden Direktur PT Infra Groups .

“Sebagai persiapan kegiatan Expo 2009, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan segera  menyurati beberapa negara tetangga. Bahkan, tiga diantaranya telah menyatakan bersedia ikut antara lain Negara  Jepang, Korea dan Malaysia, tiga lainnya segera akan menyusul,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, pameran terapung tersebut diharapkan akan lebih menarik perhatian masyarakat luar dan wisatawan baik di daerah maupun luar daerah. Salah satu tujuan pameran tersebut memang ditujukan untuk memajukan wisata Bahari Aceh.

“Di samping itu juga sebagai programnya Pemda yang telah resmi membuka pelabuhan umum Krueng Geukueh jadi pelabuhan Internasional, setara dengan beberapa pelabuhan lainnya di Indonesia,” kata Syarifuddin.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Infra Groups Sabban Malawi mengaku amat yakin dengan kondisi ekonomi masyarakat Aceh yang cepat membaiik. Dengan dibukanya pelabuhan Umum Krueng Geukueh, ia yakin hal itu akan lebih mempercepat pengembangan wisata bahari Aceh Utara.

“Kami akan segera merealisasikan program pembangunan daerah tertinggal, membuka

UKM yang dapat menggerakkan ekonomi rakyat,” ujarnya Sabban saat ditemuai di KP3 Lhokseumawe. [sa-rza]

KOMENTAR