Banda Aceh — Anggota DPR Mardani menyatakan kawasan Sabang memiliki potensi cukup besar untuk digarap menjadi sebagai kota penyedia jasa perkapalan dan pariwisata.

“Potensi geografis yang dimiliki Sabang harus mampu digarap maksimal oleh Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) sehingga kawasan ini dapat berkembang dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Aceh,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu di Banda Aceh, Jumat (22/6) lalu.

Dalam kunjungan kerja Komisi VI ke Sabang dan bertemu dengan pimpinan BPKS dan pemerintah kota setempat, ia mengatakan berbagai potensi yang dimiliki di Sabang akan mampu menyedot para investor untuk berinvestasi di Aceh.

“BPKS bersama pemerintah daerah harus mampu bersinergi dalam membangun berbagai infrastruktur pendukung seperti galangan kapal sehingga kapal-kapal dalam dan luar negeri yang melintas di perairan Sabang dapat singgah dan menggunakan berbagai jasa yang ditawarkan,” katanya.

Mardani menyarankan agar BPKS dapat fokus dengan menyiapkan kajian akademis, desain dan skala prioritas dalam membangun infrastruktur yang ada sehingga proyek tersebut dapat dituntaskan pembangunannya.

“Artinya, jika ingin membangun sebuah proyek harus ada kajian akademis, desain dan skala prioritas sehingga keberadaan infrastruktur itu benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan kultur daerah setempat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam memajukan kawasan Sabang dan Pulau Aceh harus dilakukan secara bertahap, sebab kedua daerah tersebut memiliki potensi yang cukup besar untuk mendatangkan investasi dan menampung pasar tenaga kerja.

Pihaknya juga berharap pimpinan daerah terpilih di Aceh dan kedua kabupaten/kota itu dapat bersinegeri dengan BPKS untuk mendukung berbagai program pembangunan dalam memajukan kedua kawasan tersebut di masa mendatang.

“Kami yakin dengan potensi yang cukup besar yang dimiliki Sabang dan Pulau Aceh dan adanya kenyamanan serta iklim investasi yang kondusif akan menjadi penarik bagi investor dalam dan luar negeri untuk menanam modalnya di Aceh,” ujarnya.

Figur Kompeten

Di bagian lain, Mardani menyarankan Dewan Kawasan Sabang (DKS) menempatkan figur yang berkomponten untuk ditempatkan di BPKS guna memajukan daerah itu.

“BPKS perlu ditempatkan figur yang memiliki kamampuan menejerial, visioner, ulet dalam bekerja dan mudah beradaptasi dengan berbagai komponen untuk memajukan kawasan Sabang dan Pulau Aceh,” katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya figur yang berkompenten yang ditempatkan akan mampu memaksimalkan berbagai program kerja yang telah dicanangkan oleh BPKS bersama dengan DKS.

“Artinya, figur kepemimpinan yang ada harus ditingkatkan lagi, sehingga potensi alam yang cukup besar dalam memajukan Sabang dan Pulau Aceh dapat tergarap secara maksimal,” katanya lagi. (ant)

KOMENTAR