Kue bhoi Aceh (Ist)
Kue bhoi Aceh (Ist)
Kue bhoi Aceh (Ist)
Kue bhoi Aceh (Ist)

KUE bolu dengan bentuk-bentuk lucu ini adalah panganan khas Aceh yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuknya sangat bervariasi, mulai dari bentuk ikan, bunga, binatang dan lain-lain. Kue ini juga dijadikan oleh-oleh saat berada di Aceh oleh wisatawan.

Namanya kue Bhoi, sajian ini biasa dibawakan ketika mengunjungi sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran. Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria untuk calon pengantin perempuan pada saat acara pernikahan.

Jika pada umumnya seluruh permukaan kue bolu bertekstur lembut, tidak dengan kue Bhoi. Kue ini biasanya dipanggang di dalam oven dengan cetakan khusus sampai tekstur luarnya kering, akan tetapi didalamnya tetap lembut.

Jika ingin menyicip kue bolu unik ini, kita bisa pergi ke pasar-pasar tradisional atau toko khusus yang menjual kue khas Aceh, seperti di Pasar Aceh, Pasar Seutui, Peunayong, dan gerai-gerai yang berjejer di ruas jalan Lampisang, arah ke Lhoknga dan Aceh Besar.

Selain sebagai makanan camilan, bolu bhoi khas Aceh ini juga biasanya disertakan dalam acara seserahan alias ba ranub sebelum menginjak pada acara pernikahan adat Aceh.

Biasanya saat ada acara-acara khanduri atau tasyakuran, kue Bhoi kerap menjadi pasangan pas dengan segelas kopi atau teh untuk dicelup.

Bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, caranya pun tidak terlalu sulit. Telur dikocok sampai mengembang hingga bau amis hilang, kemudian ditambahkan gula dan tepung hingga menjadi adonan yang utuh. Adonan dipanggang dengan cetakan yang terbuat dari kuningan, semakin sering cetakan digunakan, akan semakin baik untuk memanggang karena adonan tidak akan lengket.

Bhoi dikenal sebagai cemilan yang minim bahan baku, membuatnya hanya membutuhkan tepung terigu, telur dan gula dengan perbandingan 1:1:1. Uniknya, meski tidak menggunakan bahan pengawet, kue Bhoi dapat bertahan hingga berbulan-bulan, kandungan gulalah yang berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet. Kelebihan lain dari kue Bhoi adalah tidak adanya zat pewarna pada makanan ini. Tertarik mencoba kue lucu ini? (*/tourismnews.co.id)

KOMENTAR