JFlow pada sesi temu media di peluncuran album ketiga #REFILL (Foto Istimewa)
JFlow pada sesi temu media di peluncuran album ketiga #REFILL (Foto Istimewa)

MOMEN hari ulang tahun Republik Indonesia ke-69 memang tidak disia-siakan oleh musisi hiphop ternama, JFLOW.

Menurutnya, kemerdekaan bermusik di Indonesia belakangan menjadi tantangan tersendiri bagi para musisi di negeri ini. Mereka seringkali diharuskan mengikuti selera pasar demi dapat memasuki jalur-jalur distribusi mainstream.

Demikian diungkapkan JFLOW dalam rilisnya kepada SeputarAceh.com Minggu (17/8/2014) kemarin dalam rangka merilis album ketiganya #REFILL dalam acara konser merdeka di Galeri Indonesia Kaya – Grand Indonesia.

Melalui album ketiganya, #REFILL, JFLOW tak sekadar menjadikannya sebagai wujud ekspresi karya musik berkualitas, namun ia juga menjadikannya sebagai sebuah statement kemerdekaan dalam bermusik dan berkreasi.

“Album kali ini saya persembahkan untuk setiap musisi Indonesia agar memiliki kemerdekaan dalam berkreasi dan penikmat musik di Indonesia untuk merdeka menikmati musik. Industri musik Indonesia saat ini memang sedang sulit dengan maraknya pembajakan karya. Namun, saya berharap hal itu tidak membatasi para musisi dalam berkarya dan bisa kembali mengisi semangat dan kreativitas mereka. Penikmat musik pun dapat dengan bebas menikmati musik apa saja, kapan saja dan dimana saja yang mereka suka,” ungkap JFLOW.

Semangat kemerdekaan musik ini tercermin dari lagu “Slank Me”, yang punya ritem sangat catchy dengan kocokan gitar berirama reggae dengan mengambil hook salah satu lagu Slank, “Ku Tak Bisa”. JFLOW dengan cerdas memerdekakan musik berirama berbeda antara reggae dengan lirik naratif khas JFLOW yang kental dengan hiphopnya.

Dalam album ini, JFLOW tetap mengedepankan lagu-lagu yang mengombinasikan lirik berbahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebagai bagian dari visi JFLOW untuk membawa musik Indonesia ke panggung Internasional.

“Album ketiga ini merupakan persembahan istimewa dari JFLOW bagi para pecinta seni musik di Indonesia maupun di dunia internasional yang terus teguh mendambakan karya musik berkualitas yang lepas dari kekangan komersialitas industri,” tegas oleh JFLOW di sela-sela Konser “Musik Merdeka” dalam rangka peluncuran Album #REFILL. (af/rl)

KOMENTAR