Gunung Fuji di Jepang (Foto art.rolo.vn)
Gunung Fuji di Jepang (Foto art.rolo.vn)

PEMERINTAH Jepang menggunakan segala cara untuk menarik pelancong agar berwisata ke negara mereka. Salah satunya, dengan membuat beberapa rencana untuk memanjakan wisatawan Muslim yang melancong ke Jepang.

“Jepang sedang gencar membuka diri untuk terus bisa melakukan pendekatan dengan dunia Muslim,” kata Ketua Japan Education Fair in Indonesia (JEFI) Richard Susilo, Sabtu (16/8/2014). Menurutnya, Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi target Jepang untuk meraih simpati turis Muslim.

Beberapa lokasi wisata dan hotel di Jepang sudah mulai menyediakan tempat ibadah bagi warga Muslim. Bahkan, Bandara di Jepang pun sudah mulai menyediakan musala untuk ibadah warga Muslim.

Pendekatan ini dimulai sejak hubungan antara Jepang dan China renggang. Wisataawan asal China pada awalnya adalah salah satu yang paling banyak mengunjungi Jepang. Namun dalam beberapa bulan terakhir jumlah pengunjung asal China terus berkurang.

Aplikasi halal pun mulai berlaku di Jepang. Beberapa rumah makan di Jepang sudah mulai menyediakan petunjuk untuk masakan halal di sana.

“Jepang juga menerbitkan buku panduan khusus wisatawan Muslim,” ucap Susilo. (sindo)

KOMENTAR