code.org

code.org

Seputar Aceh – Mau jadi programmer? Situs yayasan nirlaba Code.org mengajak para pelajar dan sekolah-sekolah seluruh dunia untuk menjadi pemrogram komputer (programmer) sejak dini.

Yayasan yang didirikan investor sekaligus penasehat awal Facebook dan Dropbox, Hadi Partovi, itu berusaha meyakinkan semua orang, terutama kalangan pendidikan, kemudahan belajar pemrograman komputer.

“Visi kami yaitu setiap siswa di seluruh sekolah punya kesempatan untuk belajar bagaimana membuat kode,” sebut Code.

Yayasan itu juga mengajukan ilmu komputer dan pemrograman komputer sebagai salah satu materi dalam kurikulum pendidikan seperti matematika, teknologi, biologi, fisika, dan kimia.

“Pemrograman pada dasarnya adalah menjelaskan ke komputer tentang apa yang diinginkan penggunanya,” demikian video Code.org di Youtube.

Pendapat lain dari tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, will.i.am, Chris Bosh, Jack Dorsey, dan Drew Houston, mengenai pentingnya ketrampilan pemrograman di saat komputer dan internet menjadi pusat kebudayaan masa kini.

[pullquote_left]‘Anda tidak harus menjadi seorang jenius untuk bisa memprogram. Anda hanya perlu ketetapan hati’.[/pullquote_left]

“Anda tidak harus menjadi seorang jenius untuk bisa memprogram. Anda hanya perlu ketetapan hati,” ujar Vanessa Hurst, salah satu pendiri Girl Develop It.

Sementara Bill Gates mengambarkan bahwa pemrograman komputer lebih mirip matematika, “Penambahan, pengurangan…itu saja,” katanya.

Dalam teknologi yang semakin berkembang, nampaknya teknisi-teknisi yang berkualitas semakin berkurang. Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg menyebutkan, “Kebijakan kami diFacebook adalah mempekerjakan sebanyak mungkin teknisi yang bertalenta. Tapi nampaknya belakangan ini, teknisi-teknisi seperti itu semakin sulit ditemukan.”

Code didukung para pelaku industri informatika AS seperti Drew Houston (CEO Dropbox), Jack Dorsey (Pencipta Twitter), Marc Andreessen (salah satu pendiri Netscape), Max Levchin (salah satu pendiri PayPal),

Di situsnya, Code menyediakan sejumlah aplikasi pembelajaran dasar tentang pemrograman komputer seperti RoboLogic, CargoBot, Move the Turtle, Kodu, dan KidsRuby.

Selain itu, Code juga melampirkan pembelajaran pemrograman dalam jaringan (online), kursusonline dari kampus-kampus, pembuatan situs Internet, pembuatan aplikasi ponsel, hingga penulisan kode untuk robot.(ant)

Video Code.org

KOMENTAR