Jakarta — Asosiasi Duta Indonesia (ADI) kembali menyelenggarakan pemilihan Miss Coffee Indonesia. Pemilihan kedua ini akan berlangsung pada tanggal 10-18 Mei 2013 di Hotel Bidakara Jakarta.

Dalam jumpa pers, Jumat (15/3) Ketua ADI Untari Sapta Nirwandar menyebutkan pemilihan Miss Coffee dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat untuk pentingnya komoditas kopi dan produk olahannya bagi perekonomian Indonesia. Baik itu melalui budaya, pariwisata hingga ilmu pengetahuan mengenai Kopi.

“Diharapkan dengan adanya pemilihan ini dapat mempromosikan produk-produk unggulan kopi Indonesia, mendorong tumbuh dan kembangnya industri kopi di Indonesia, mengembangkan pariwisata melalui agrowisata kopi, mengembangkan sektor kuliner kopi sebagai gaya hidup, mempererat kerjasama antara asosiasi, institusi, produsen dan instansi termasuk petani kopi Indonesia melalu ikon Putri Kopi Indonesia,” sebutnya.

Hingga saat ini sudah terdaftar 38 calon peserta dari seluruh Indonesia. Para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan seperti pembekalan dari pakar-pakar kopi, mengenai produk kopi, manfaat kopi bagi kesehatan, agrowisata kopi, pengembangan sektor industri kopi.

Selain itu peserta juga kan mengikuti kegiatan sosial, kunjungan ke perkebunan kopi, city tour, photo session, workshop dengan gerai kop, pelatihan etika, koreografi, dan berjalan di atas panggung.

Pemenang Miss Coffee Indonesia2013 akan diikutkan dalam ajang Miss Coffee International yang akan diadakan pada bulan Oktober 2013 di Yogyakarta.

“ADI sendiri yang menyelenggarakan pemilihan Miss Coffee International, tahun lalu di Bali mengambil tema Leisure dan Tahun ini akan mengambil tema Art & Culture,” ujar Untari Sapta Nirwandar yang juga istri Wamenparekraf Sapta Nirwandar. (tourismnews.co.id)

KOMENTAR