Banda Aceh — Jika berkesempatan mengunjungi Keraton Aceh (Daruddonya, -red), jangan hanya bagian depan dan dalamnya saja yang Anda kunjungi. Jalan ke bagian belakang bangunan tersebut, Anda akan menemukan taman yang sangat cantik.

Taman ini sebenarnya sudah cukup lama ada di belakang Keraton Aceh. Namun, jarang sekali pengunjung yang sadar akan kehadiran taman cantik ini. Taman yang memiliki nama Putroe Phang ini memiliki rumput hijau dan pemandangannya sangat indah.

Di sini juga ada Pinto Khob. Bangunan yang tidak terlalu besar ini adalah pintu belakang Keraton Aceh. Warnanya putih dan sering menjadi tempat bersantai wisatawan. Terletak di tepi Sungai Daroy, konon ini adalah pintu rahasia Permaisuri Sultan Iskandar Muda saat tinggal di keraton ini.

Ditempat inilah, Putroe Phang yang cantik jelita menghabiskan hari-harinya untuk bermain dan mandi bersama para dayang. Lokasinya tempat wisata ini berada di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh tidak begitu jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. (*/detik)

KOMENTAR