Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Banda Aceh menargetkan realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010 kepada 20 SD dan 32 SMP pada awal April nanti.

Kepala Sub Bidang (Kasubdin) SD / SMP Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Banda Aceh T Angkasa mengatakan pihaknya sedang menyiapkan SK tim teknis atau panitia DAK 2010.

“Tinggal mempersiapkan SK panitia, sementara untuk SK penetapan sekolah penerima DAK sudah ditandatangani walikota,” kata Angkasa, Senin (29/3/2010).

Setelah mempersiapkan SK Tim Teknis DAK, kata Angkasa, pihaknya kemudian menyosialisasikan surat edaran Mendiknas ke sekolah-sekolah penerima dana tersebut.

“Untuk tahun ini kami agak kewalahan, karena ada pengadaan dan rehab fisik, jadi lain dengan tahun lalu hanya rehab gedung sekolah saja,” jelas Angkasa.

Pemerintah Pusat mengalokasikan DAK melalui APBN 2010 untuk Kota Banda Aceh sebesar Rp8, 202 miliar. Dari keseluruhan dana itu, diperuntukkan Rp4, 087 miliar  untuk 20 SD dan Rp4,118 miliar untuk 32 SMP.

“Dana itu juga ditambah lagi dana sharing dari APBA sebesar 10 persen,” rinci Angkasa.

Dia memprediksikan pihak sekolah sudah bisa menerima DAK pada awal April nanti. Angkasa berharap dana tersebut benar-benar dimanfaatkan pihak sekolah untuk mengembangkan pendidikan.

Sementara Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Banda Aceh Amirul Hazami mengaku sudah menerima data SD dan SMP penerima DAK 2010 di Banda Aceh. Namun demikian, dirinya mengaku masih menunggu beberapa kelengkapan administrasi dari dinas pendidikan.

“Jika sudah lengkap, kami segera mencairkan DAK ke rekening sekolah,” jelas Mairul yang dihubungi Harian Aceh, kemarin. (*/ha/min)

KOMENTAR