Banda Aceh — Mengakhiri musim paceklik yang melanda wilayah Aceh, terutama Banda Aceh dan sekitarnya, Pemerintah Aceh lewat rapat dengan unsur terkait di Kantor Setda Aceh, Selasa (7/8), mengajak warga muslimin dan muslimat, untuk ramai-ramai melaksanakan shalat istisqa’ (shalat minta hujan) di Lapangan Blang Padang Sabtu (11/8) mendatang, sejak pukul 08.00 WIB.

Shalat istisqa’, sesuai dengan sunnah Nabi SAW, ialah shalat sunat di lapangan terbuka secara berjamaah, manakala umat, tanaman, dan ternak, serta makhluk hidup yang melata, sudah lama tidak didatangkan hujan oleh Allah SWT.

Melihat dan memprediksikan kemungkinan akan lama sekali bakal turun hujan, kemarau panjang, sementara yang di bumi sangat berhajat pada air dari langit, maka anjuran untuk berbuat kebajikan, termasuk shalat minta hujan, menjadi ajakan yang mesti disahuti bersama. Demikian yang berkembang dalam rapat di Kantor Gubernur Aceh pada pagi Selasa (07/08).

Dalam riwayat yang ada, untuk syiar Islam dan untuk mempercepat maqbulnya doa, baik dan afdhal sekali semua hamba Allah mengawali dengan taubat bersama. Dan saat akan berjamaah, dibawa serta anak kecil, bahkan binatang ternak ke lokasi shalat.

“Pengurus dan petugas dari Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, akan mempersipkan lokasi shalat, sebagaimana untuk shalat ‘Id, berupa pengeras suara, tali shaf, dan seterusnya,” tutup Drs. Tgk. H. Ridwan Djohan, salah satu peserta rapat, yang juga Dewan Imam Rawatib dan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman. (*/KemenagNews)

KOMENTAR