Rektor UIN Ar Raniry bermain titik koordinat kartesius bersama siswa MIN Rukoh (Foto IST)REKTOR UIN Ar Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi, MA berkesempatan bermain titik kartesius bersama dengan siswa MIN Rukoh Banda Aceh menggunakan media pembelajaran Papan Catur 7 in 1 yang diciptakan oleh guru mereka, Kamis (16/4/2015).

“Silahkan bapak mengambil kartu koordinat dan langkahkan bola menurut kartu tersebut,” Kata seorang siswa.

Sambil bercanda dan melangkahkan bola pada kotak catur yang sudah dibentuk seperti lapangan bola tersebut rektor terlihat menikmati permainan media pembelajaran matematika tersebut. “Hayo, coba kalian langkahkan lagi koordinatnya, siapa yang menang,” kata Rektor.

Dalam sambutannya Farid Wajdi mengapresiasi perubahan pembelajaran yang telah terjadi di sekolah. “Tujuan pendidikan nasional adalah untuk melahirkan insan-insan yang cerdas dan akhlak yang karim,” ujarnya.

Rektor juga mengapresiasi kerja keras guru terhadap perubahan di sekolah.

“Pembuat kebijakan jangan selalu menyalahkan guru, tetapi seharusnya pembuat dan pengambil kebijakanlah yang harus selalu mendukung guru karena guru hanya menjalankan kebijakan yang telah dibuat,” katanya.

Demonstrasi pembelajaran tersebut merupakan bagian dari “Unjuk Karya Praktik yang Baik dalam Bidang Pendidikan Sekolah lab/mitra LPTK” yang difasilitasi oleh USAID PRIORITAS.

16 Sekolah lab/mitra LPTK UIN Ar Raniry dan Unsyiah tersebut terdiri dari 9 SD/MI dan 9 SMP/MTs.

Kegiatan yang dihadiri oleh unsur pimpinan universitas termasuk Universitas, LPTK, Muspida, dinas pendidikan, sekolah, dosen, mahasiswa dan masyarakat tersebut berlangsung hingga sore hari di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar Raniry. 18 Sekolah lab/mitra LPTK USAID PRIORITAS tersebut menampilkan media pembelajaran yang dihasilkan oleh para guru dan siswa. Kegiatan tersebut juga menampilkan pementasan seni siswa.

Sekolah lab/mitra LPTK USAID PRIORITAS peserta pameran, yakni SDN 1 Banda Aceh, SDN 12 Banda Aceh, SDN 16 Banda Aceh, SDN 20 Banda Aceh, SDN 54 Banda Aceh, SDN Lampeuneurut Aceh Besar, SMPN 1 Banda Aceh, SMPN 6 Banda Aceh, SMPN 8 Banda Aceh MIN Rukoh, Banda Aceh, MIN Tungkop Aceh Besar, MIN Banda Aceh, Banda Aceh, MIN Merduati Banda Aceh, MIN Lambaro Aceh Besar, MIN Miruk Taman Aceh Besar, MTsN Rukoh, Banda Aceh, MTsN Tungkop Aceh Besar, MTsN Model Banda Aceh. (ril)

KOMENTAR