Banda Aceh — Kanwil Kementerian Agama menyeleksi 26 kader dari sejumlah daerah, yang akan mendapat beasiswa Pendidikan Kader Ulama 2012 di Aula Kanwil Kemenag Aceh, Kamis (11/10) di Banda Aceh.

“Dari 26 calon yang telah mendaftar secara online pada Direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kemanag RI sebelumnya, hanya 20 peserta yang hadir, sedangkan 6 calon absen (tak hadir), “ jelas Kabid Pekapontren, H. Abrar Zym.S.Ag. yang membuka secara resmi acara testing mewakili Kanwil Kemenag Aceh.

Sejumlah calon kader ulama dalam program yang bertajuk “Ujian Tulis Seleksi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama Tahun Anggaran 2012” itu, dites sejumlah materi secara tulisan selama sehari, antara lain Pengetahuan Dasar yang teridiri dari Al-Quran, Hadits, Bahasa Arab, dan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam).

Di samping itu, dalam ujian yang selain diawasi oleh tim daerah (Abrar Zyim, S.Ag dan Khalid, SH), juga dikoordinasikan dan dikontrol oleh utusan Pusat dari Kemenag Ri (Machsus, S.Sos, M.Msi) itu, diuji juga materi Kompetensi Ulama, yaitu untuk Konsentrasi Ushul Fiqh ada Qawa’idul Fiqhiyah, Fiqh, dan Ushul.

Sedangkan Konsentrasi Ilmu Falaq menguji materi Matematika Dasar, Fisikan Dasar, dan Pengetahuan Falaq. (*KemenagNews)

KOMENTAR