Sigli – Pemerintah pusat melalui APBN mengucurkan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SD dan SMP di Kabupaten Pidie tahun 2010 sebesar Rp12,5 Miliar. Per siswa SD dijatahkan sekitar Rp400 ribu, sedangkan siswa SMP mendapat Rp570 ribu.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Pidie, Drs. Bukhari Taher, M.Pd kemarin di ruang kerjanya. Kucuran dana tahun ini sedikit lebih besar jika dibandingkan tahun lalu sebesar Rp12 Miliar. “Dana itu dipergunakan untuk memperlancar proses belajar mengajar di Sekolah,” terangnya kepada wartawan.

Bukhari merincikan, jumlah Siswa SD dari 278 sekolah di Kabupaten Pidie sebanyak 39.745 siswa, sehingga total anggaran dana BOS sebesar Rp7.889.382.500. Sedangkan untuk SMP dengan jumlah Siswa 16.121 orang dari 55 sekolah baik negeri maupun swasta, akan mendapatkan Rp459.448.500.

Penyaluran dana itu, menurut Bukhari, dilakukan 4 tahap triwulan. Untuk triwulan pertama, lanjut dia, dana itu sudah disalurkan ke rekening sekolah masing-masing. “Pihak sekolah yang mengelola langsung penggunaannya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan murid dalam rangka proses belajar mengejar. Hal itu juga harus sesuai dengan petunjuk teknis (juknis),” terang Kadis.

Dana itu, sebut Kadis, memang tidak dibagikan langsung kepada setiap murid, namun penggunaannya tidak boleh menyimpang dari juknis, serta harus bisa dipertanggungjawabkan.(*/ha/ari)

KOMENTAR