Logo Visit Aceh 2013

Banda Aceh — Provinsi Aceh memiliki berbagai potensi pariwisata yang menarik serta didukung oleh beragam kekayaan sumber daya alam dan seni budaya daerah.

Mempunyai letak yang strategis dan posisi tepat berada pada kawasan Selat Malaka menjadi salah satu jalur pelayaran Internasional sudah seharusnya menjadi peluang pengembangan untuk wisata unggulan internasional di kawasan paling barat Indonesia.

Seperti dikutip SeputarAceh.com dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Aceh memiliki sekitar 756 buah objek wisata yang telah terdata dan telah dikembangkan yang terdiri dari 396 jenis objek wisata Alam, 255 objek wisata budaya dan 105 objek wisata minat khusus.

Dalam rangka mempromosikan sejumlah objek wisata tersebut, baru-baru ini Disbudpar Aceh juga menyelenggarakan beraneka lomba untuk menyambut tahun kunjungan Aceh atau dikenal dengan Visit Aceh 2013.

Adapun tujuan dengan diadakannya aneka lomba tersebut untuk membangun kembali semangat dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan ekonomi kreatif masyarakat di Aceh.

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah perlombaan dari Disbudpar ini akan memperebutkan total hadiah Rp663.000.000 untuk para pemenang, tidak hanya itu saja ada juga sejumlah Throphy seperti dari Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI untuk juara I, Throphy Gubernur Aceh untuk Juara II, Throphy Kadisbudpar Aceh untuk Juara III dan beragam hadiah menarik lainnya.

Tertarik untuk mengetahui lomba apa saja untuk menyambut Visit Aceh 2013, ini dia masing-masing perlombaannya:

  1. Perlombaan Penulisan Legenda dan Cerpen Kepariwisataan;
  2. Lomba Penulisan SOP Permainan Rakyat;
  3. Perlombaan Penulisan Resep Kuliner Aceh;
  4. Perlombaan Penulisan Adat Pantang;
  5. Perlombaan Foto Objek Wisata Aceh;
  6. Perlombaan Video Objek Wisata Aceh;
  7. Perlombaan Koleksi Batu Cincin;
  8. Kompetisi Menulis tentang Kepariwisataan di Koran dan Majalah;
  9. Kompetisi Berita Pariwisata di Radio;
  10. Kompetisi Berita Pariwisata di Televisi;
  11. Kompetisi Berita Pariwisata di Media Massa Online;
  12. Kompetisi Berita Pariwisata di Blog;
  13. Perlombaan Pembuatan Souvenir Khas Aceh;
  14. Perlombaan Paket Wisata Kreatif
  15. Perlombaan Desain T-Shirt

Informasi detail dan ketentuan serta syarat dari setiap lomba bisa Anda unduh disini. Selamat mengikuti dan sukseskan Visit Aceh 2013 “Beautiful, Peaceful and Religius”. (afi/red)

KOMENTAR