Jakarta — Bicara masalah gempa, hampir dalam hitungan bulan kita selalu merasakannya. Mulai dari ujung barat Indonesia sampai ke Timur, fenomena alam gempa masih sering terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang kini menjadi salah satu pusat rujukan informasi gempa di Indonesia juga telah menunjukkan integrasinya untuk menyebarkan informasi terkait gempa lewat jejaring sosial, begitu pula dengan hadirnya aplikasi pendeteksi gempa saat ini pun juga begitu mudah ditemukan.

Aplikasi ‘Geumpa’ misalnya, yang dikembangkan untuk sistem operasi Android bisa jadi pilihan saat kita membutuhkan informasi terjadinya gempa. Kata geumpa sendiri merupakan bahasa Aceh, aplikasi ini diperkenalkan oleh salah satu alumni dari Politeknik Aceh, Ilham Zulfikri yang dikembangkan awal tahun 2011 lalu.

“Aplikasi ini dikembangkan awal tahun 2011 dan selesai Juni 2011,” jelas Ilham, Senin (30/07) malam tadi.

Ilham juga menambahkan, awalnya ide untuk membuat aplikasi geumpa karena keinginannya untuk menampilkan informasi gempa secara cepat dan simpel, dan kebetulan aplikasi ini pula yang menjadi tugas akhir disaat menyelesaikan studinya di kampus.

“Aplikasi ini saya kembangkan sekalian sebagai tugas akhir waktu masih di kampus,” ungkap Ilham yang sehari-hari juga aktif sebagai blogger.

Tidak hanya sebatas jadi, aplikasi untuk Android buatan aneuk nanggroe ini juga akan terus dikembangkan dari sisi antar muka (interface) maupun dalam programnya.

Deskripsi Aplikasi ‘Geumpa’

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan untuk digunakan pada perangkat berbasis Android, khususnya bagi pengguna Android di Indonesia. Beberapa deskripsi tentang aplikasi geumpa:

  • Saat ini sudah diupdate versi 1.1
  • Minimal bisa dijalankan pada OS Android 2.2 (Froyo)
  • Fitur yang ditampilkan, informasi gempa terkini dalam Skala Richter (SR) lengkap dengan koordinat, kekuatan yang dirasakan dalam skala MMI (Mercalli Intensity Scale), ada juga peta lokasi pusat gempa.
  • Informasi gempa juga bisa dibagi ke aplikasi atau layanan lainnya seperti konversi dalam bentuk pesan (SMS), e-mail, jejaring sosial Facebook, dan aplikasi chat Whatsapp, dan lainnya.

Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Saat ini aplikasi ‘Geumpa’ sudah tersedia di Google Play, dan bisa diunduh secara gratis bagi pengguna Android.[]

[accordion title=”Interface Aplikasi ‘Geumpa'”]

[/accordion]

KOMENTAR