Tgk Puteh berdiri didepan masjid tua (M Iqbal/SeputarAceh.com)
Tgk Peutua Puteh berdiri didepan masjid tua (M Iqbal/SeputarAceh.com)
Tgk Puteh berdiri didepan masjid tua (M Iqbal/SeputarAceh.com)
Tgk Peutua Puteh berdiri didepan masjid tua Cot Batee (M Iqbal/SeputarAceh.com)

TANGSE memang sering kita dengar di berbagai berita, musibah banjir bandang, hutan gundul juga telah menyelimuti daerah sejuk yang berada di Kabupaten Pidie ini.

Namun, sejenak jika kita bertandang ke daerah yang terkenal dengan durian tersebut yang tak kalah menarik adalah beriwisata ke tempat-tempat yang belum banyak diminati orang, salah satunya ke masjid tua yang berada di depan masjid Baitul Istiqamah.

Konon menurut cerita dari warga setempat masjid yang diberi nama Cot Batee tersebut perkirakan sudah ada sekitar tahun 1950-an. Tidak hanya itu, masyarakat setempat juga secara swadaya membangunnya dari hasil jerih payah dengan sengenggam beras. Begitulah kisah yang disebutkan oleh Tgk Peutua Puteh warga setempat.

“Saat ini Masjid Cot Batee di Kecamatan Tangse, Pidie tidak lagi berfungsi sebagai tempat ibadah, Namun masjid ini masih di gunakan untuk melakukan kegiatan manasik haji dari warga Tangse bahkan Geumpang,” sebut Peutua yang sehari-hari menyodorkan kota sumbangan untuk masjid.

Menurut pengakuan Tgk Peutua Puteh (85 tahun) bahwa masjid tua ini terbilang keramat, apabila ada yang datang bermunajat di masjid tua ini, maka akan terkabul.[]

KOMENTAR