Banda Aceh – Profesor Darni M Daud, guru besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih kembali sebagai Rektor Unsyiah 2010-2014 dalam rapat senat di gedung Rektorat Unsyiah, Banda Aceh, Kamis (25/3/2010).

Ketua Panitia Pemilihan Djafar Ahmad mengatakan, Darni M. Daud menggser lima kandidat lainnya dengan meraih 35 suara dari 62 suara senat. Suara terbanyak ke dua diraih kandidat dr. Syahrul, Dekan Fakultas Kedokteran dengan perolehan 16 suara. Sementara Dr. Mustanir, Dekan Fakultas MIPA yang sebelumnya diungguli dalam polling yang diadakan Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Unsyiah hanya memperoleh enam suara.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi Prof Raja Masbar meraih empat suara, Guru Besar Fakultas Ekonomi Prof. Said Muhammad meraih 1 suara dan Abdul Gani Haji tak memperoleh suara.

“Suara yang diperoleh Darni ini mencukupi sehingga pemilihan hanya berlangsung satu putaran saja. Pemilihan kali ini juga berjalan tertib sehingga dalam waktu dekat kita bisa menyelesaikan adminitrasi dan segera mengirimkan hasil pemilihan ini ke Departemen Nasional,” ucap dia.

Sementara itu, Darni M. Daud di sela-sela menerima ucapan selamat dari berbagai lapisan masyarakat yang berkunjung ke ruang kerjanya kemarin, mengaku akan melanjutkan program-program yang belum tercapai di Unsyiah.

Dirinya juga berharap adanya kerjasama semua pihak untuk membangun Unsyiah lebih baik ke depan.

“Kerjasama sangat dibutuhkan, baik dari masyarakat Aceh, alumni serta kerjasama dengan pihak lain di luar negeri,” jelas dia.

Teror ke Hp Senat

Pemilihan rektor Unsyiah kali ini dilaporkan lebih memanas dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa anggota senat Unsyiah yang minta namanya tidak disebutkan mengaku menerima sejumlah SMS berisi teror dalam dua hari terakhir. Sejumlah SMS tersebut berisi ajakan untuk memilih kandidat tertentu dengan ancaman pembunuhan sampai penculikan keluarga jika tidak dituruti.

“Tetapi saya komit pada hati nurani demi perubahan Unsyiah. Ini hanya ancaman dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan di Unsyiah nantinya,” papar sumber tersebut.

Sekilas Profil Darni

Profesor Darni M. Daud adalah Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sebelum masuk ke FKIP Unsyiah pada 1980,  lelaki kelahiran 25 Juli 1961 di Bandar Dua, Pidie Jaya itu menamatkan Sekolah Dasar di Blang Kuta, Bandar Dua pada 1973 dan SMP Negeri Ulee Gle. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru Negeri di Bireuen.

Sebelum menjadi guru besar, Darni meraih gelar Master of Art (MA) di New York University, Amerika Serikat pada 1994 dan gelar Doktor (Ph.D) di bidang Education/Higher Education, School of Education, di Oregon State University, Corvallis, Amerika Serikat pada 2000.

Sebelum menjadi rektor, Darni merupakan dosen di Jurusan Bahasa Inggris FKIP Unsyiah dan pernah menjadi Pembantu Dekan di sana. Darni sempat masuk sebagai salah satu dari 10 Tokoh Pendidikan Nasional 2008 versi Majalah Kampus Asia.(*/ha/crd)

KOMENTAR