Banda Aceh, Seputar Aceh – Tinggi gelombang laut di sejumlah kawasan perairan di Aceh dilaporkan akan mencapai rata-rata dua meter di awal pekan ini. Gelombang tertinggi diperkirakan akan muncul di perairan pantai barat dan selatan, mencapai tiga meter.

Tingginya gelombang laut disebabkan semakin hangatnya suhu muka air laut dan meningkatnya kelembaban udara. Kondisi tersebut memicu munculnya awan-awan konfektif, yang berpotensi menimbulkan hujan lebat dan angin kencang.

Menurut data prakiraan cuaca yang dirilis Balai Besar Wilayah I Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG), Selasa (24/11), tinggi gelombang perairan timur dan utara Aceh bisa mencapai 1,25 meter. Di perairan barat dan selatan, ketinggian gelombang laut antara 2,0 hingga 3,0 meter.

Angin ketinggian permukaan laut sampai 3.000 kaki umumnya bertiup dari barat daya hingga barat dengan kecepatan antara 10 hingga 35 kilometer per jam.

Suhu dan kelembaban udara di beberapa kota di Aceh beragam. Kondisi Banda Aceh diprakirakan berawan dan hujan, dengan suhu udara minimal 23 derajat celcius dan kelembaban minimal 68 persen. Di Meulaboh diprakirakan hujan, dengan suhu udara minimum 22 derajat celcius dan kelembaban 70 persen.

Lokseumawe diprakirakan berawan dan hujan, dengan suhu udara minimal 23 derajat celcius dan kelembaban minimal 65 persen. Di Sabang kondisi diprakirakan berawan dan hujan, dengan suhu udara minimal 20 derajat celcius dan kelembaban 73 persen. [sa-ai]

KOMENTAR