Teheran — Duta besar Indonesia untuk Tehran, Dian Wirengjurit menentang sanksi ilegal oleh Amerika Serikat terhadap minyak Iran dan mengatakan bahwa Jakarta akan terus membeli minyak mentah Iran.

“Indonesia membutuhkan kerjasama dan transaksi perdagangan dengan Iran, terutama pembelian minyak dan akan melanjutkan kerjasama ini,” kata Dian kepada IRNA Senin (6/8).

Ia memuji kemajuan Iran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan menyinggung keinginan Indonesia untuk menggunakan pengalaman Iran di sektor-sektor tersebut.

Indonesia, sebagai negara berkembang, sangat membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta infrastruktur yang diperlukan; pengalaman banyak Iran dalam hal ini akan sangat membantu,” katanya.

Diplomat Indonesia ini juga menegaskan bahwa negaranya mendukung hak Iran mengembangkan teknologi nuklir untuk tujuan sipil.

Pada awal 2012, AS dan Uni Eropa menyetujui sanksi baru terhadap sektor minyak dan keuangan Iran.

Washington dan Uni Eropa telah menyatakan bahwa sanksi tersebut bertujuan memaksa Iran menghentikan program nuklirnya yang mereka klaim kemungkinan mengacu pada aspek militer. (IRIB Indonesia)

KOMENTAR