Washington DC – Setelah mantan Presiden AS George W Bush dilempar sepatu oleh wartawan di Irak, kini giliran Presiden Barack Obama dilempar buku.

Seorang pria melemparkan sebuah buku terhadap Presiden Amerika Serikat Barack Obama setelah acara kampanye di Philadelphia. Pelaku sempat ditahan oleh agen rahasia AS, kemudian dilepaskan. Demikian dikatakan pihak berwenang pada Senin (11/10/2010).

Menurut Edwin Donovan, juru bicara Secret Service atau Pasukan Pengamanan Presiden AS, pria itu kemudian dibebaskan tanpa dakwaan. Ini setelah proses penyelidikan menunjukkan bahwa ia tidak bermaksud mengancam sang presiden.

Sebuah video yang disiarkan televisi AS menunjukkan bahwa pria itu melempar buku paperback dan jatuh di dekat Obama. Kendati demikian, Presiden Obama tampaknya tidak menyadarinya saat buku itu dilempar. Insiden ini terjadi setelah Obama mengikuti kampanye pada Ahad silam. Kampanye ini salah satu rangkaian acara menjelang pemilihan umum Kongres AS pada November mendatang.

Pria yang tidak disebut namanya itu digambarkan oleh Donovan sebagai pendukung yang terlalu bersemangat. Pelaku hanya ingin presiden membaca salinan buku yang ditulisnya.(vvn/ans/afp)

Lihat Videonya

KOMENTAR